Senin, 20 Desember 2010

(ngisi semester 1)


SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VI / 2
Aspek : Al-qur’an
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan Al-qur’an ayat-ayat pilihan
6.1 Membaca Al-qur’an
Surat Al-Maidah ayat 3
dan Al Hujurat ayat 13.

















6.2 Mengartikan Al Qur’an surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
  • Membaca kata demi kata Surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
  • Mengidentifikasi bacaan-bacaan dalam surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
  • Membaca surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13 dengan benar dan lancar




  • Mengartikan setiap kata / kalimat dalam surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
  • Mengartikan surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13 secara utuh.
  • Memahami isi kandungan surat Al Maidah ayat 3 serta memahami hukum syari’at dalam ayat tersebut.
  • Memahami pelajaran yang termuat di dalam surat Al Hujurat ayat 13

  • Memperhatikan guru membaca setiap kata / kalimat dalam surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
  • Menirukan bacaan guru, dengan memperhatikan hukum bacaannya.
  • Memperhatikan penjelasan guru tentang bacaan dalam membaca nun sukun dan mim sukun, serta bacaan mad.
  • Membaca kembali surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13 secara kelompok dan individual.


  • Mempelajari arti kata dalam surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
  • Mengartikan surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al hujurat ayat 13 secara utuh.
  • Menyebutkan makanan yang diharamkan yang disebutkan dalam surat Al Maidah ayat 3 dan.
  • Mengungkapkan sikap terhadap makanan yang diharamkan oleh Allah.
  • Menjelaskan asal mula Allah menciptakan manusia.
  • Mengungkapkan hikmahnya Allah menciptakan manusia secara bersuku-suku dan berbangsa-bangsa.
  • Menerapkan sikap hidup bertaqwa dan bersilaturahmi dalam kehidupan sehari-hari.









  • Membaca setiap kata/kalimat dalam surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat13 dengan baik dan benar.
  • Menyebutkan nama-nama hukum bacaan pada nun sukun, mim sukun dan mad.
  • Mendemonstrasikan melafalkan surat Al-Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13



- Mengartikan kata/kalimat dalam surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al Hujurat ayat 13.
- Mengartikan surat Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara utuh.
- Menyebutkan makanan yang diharamkan di dalam surat Al Maidah ayat 3.
- Menentukan sikap terhadap makanan yang diharamkan oleh Allah di dalam Al Qur’an.
- Menjelaskan asal mula manusia yang diciptakan oleh Allah.
- Menjelaskan secara sederhana pengertian taqwa.
- Mengungkapkan beberapa sikap taqwa.
- Menyebutkan beberapa bangsa di dunia dan beberapa suku bangsa di Indonesia.

-Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio














Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio
6 x 35 menit


















6 x 35 menit
- Depag RI,Al-qur’an
dan Terjemahnya,
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,

- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.VI ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.

  • Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya.

- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,
- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.VI ,
Surakarta, Grahadi,
hal. 64 s.d 74
- Sumber lain yang
relevan.


 
Aspek : Aqidah
Standar Kompetensi : 7. Meyakini Qada dan Qadar
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat Peraga
7.1 Menunjukkan contoh
Qada dan Qadar.
















7.2 Menunjukkan
keyakinan terhadap
Qada dan Qadar
  • Pengertian Qada dan Qadar.
  • Pemahaman tentang Qada dan Qadar.
  • Contoh-contaoh Qada dan Qadar
  • Sikap manusia terhadap Qada dan Qadar








  • Qada dan Qadar datangnya dari Allah.
  • Semua yang ditetapkan oleh Allah adalah haq
  • Menerima ketentuan dari Allah dengan syukur dan sabar.

  • Siswa memperhatikan guru menjelaskan tentang Qada dan Qadar
  • Mengidentifikasi Qadar yang baik dan yang buruk melalui kerja kelompok.
  • Siswa mendata profesi masyarakat di lingkungannya
  • Memprediksi kehidupan manusia sesuai profesi yang dilakukan setiap hari.





  • Siswa menganalisis kisah yang menunjukkan gambaran tentang kehidupan manusia.
  • Siswa menanyakan Bagaimana seharusnya mensikapi keadaan yang dialami setiap orang.
  • Siswa mengungkapkan sikap dalam menghadapi kehidupan.
  • Menerapkan sikap hidup bersyukur dan sabar dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menyebutkan kembali pengertian Qada dan Qadar
  • Mengelompokkan profesi manusia di lingkungannya
  • Menyebutkan kondisi yang dialami orang-orang di lingkungannya.
  • Mengungkapkan perasaan terhadap nasib yang dialami dirinya sendiri atau orang lain.


- Mengamati keadaan kehidupan orang-orang di lingkungannya.
- Mengungkapkan perasaan ketika mendapatkan kesenangan
- Mengungkapkan perasaan ketika mengalami musibah atau keadaan hidup yang tidak menyenangkan.

-Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio












Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio
3 x 35 menit
















3 x 35 menit
- Al-qur’an, juz ’amma
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,

- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.I ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.

- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,
- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,
- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.VI ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.
 
Aspek : Tarikh
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah Kaum Muhajirin dan Ansor
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat Peraga
8.1 Menceritakan
kehidupan Kaum
Muhajirin.














8.2 Menceritakan perjuangan Kaum Ansor
  • Kehidupan Nabi Muhammad SAW. di Mekah.
  • Kehidupan para sahabat di Mekah dalam menghadapi orang-orang kafir Quraisy.
  • Mengkomunikasikan kehidupan para sahabat dengan keadaan yang dialami siswa sekarang.



  • Pengertian Kaum Ansor.
  • Sambutan kaum Ansor terhadap kedatangan kaum Muhajirin di Madinah.
Usaha-usaha Rasulullah SAW. di Madinah dalam membina Islam dan kaum Muslimin.
  • Memperhatikan guru memberi petunjuk tentang apa yang harus dilakukan siswa.
  • Menelaah wacana tentang kehidupan Rasulullah dan para sahabat.
  • Mendiskusikan tugas yang yang diberikan oleh guru.
  • Membuat kesimpulan tentang kehidupan para sahabat di Mekah.




  • Memperhatikan guru memberi petunjuk tentang apa yang harus dilakukan siswa.
  • Menelaah wacana tentang peristiwa datangnya Rasulullah SAW. dan kaum Muhajirin di Madinah.
  • Mendiskusikan tugas yang yang diberikan oleh guru.
  • Menyimpulkan tentang kehidupan para sahabat di Madinah.
  • Mendiskripsikan perjuangan kaum Ansor dalam membela Islam dan kaum muslimin.

  • Menjelaskan pengertian muhajirin
  • Menceritakan keadaan kaum muslimin di Mekah sebelum hijrah.
  • Menyebutkan beberapa sahabat muhajirin.
- Menjelaskan hal-hal yang mendasari hijrahnya Rasulullah SAW.ke Madinah.


  • Menjelaskan pengertian Ansor
  • Menceritakan kedatangan kaum muhajirin di Madinah.
- Menyebutkan hal-hal yang dilakukan Rasulullah dalam membina Islam dan kaum muslimin di Madinah.
- Menceritakan perilaku kaum Ansor dalam memberi pertolongan kepada kaum muhajirin

-Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio











-Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio
3 x 35 menit















3 x 35 menit
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,
- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.I ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.

Al-qur’an, juz ’amma
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,

- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,
- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.I ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.
 
Aspek : Akhlaq
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat Peraga
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di liongkungan peserta didik.












9.2 Meneladani perilaku tolong menolong kaum Ansor dalam kehidupan seahari-hari di lingkungan peserta didik.
  • Rela berkorban untuk menegakkan Islam
  • Gigih dalam perjuangan
  • Bertanggung jawab.
  • Sifat sabar dalam menghadapi cobaan.








  • Sikap kaum Ansor terhadap kehadiran kaum muhajirin di Madinah.
  • Beberapa hal yang dilakukan kaum Ansor terhadap kaum Muhajirin.
  • Hal-hal yang mendasari kaum Ansor dalam rangka memberikan pertolongan kepada kaum Muhajirin

  • Memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru.
  • Explorasi wacana tentang kehidupan para sahabat muhajirin
  • Merangkum hal-hal yang dilakukan kaum muhajirin.
  • Mengamati peta perjalanan hijrah nabi dan kaum muhajirin








  • Memperhatikan tugas yang diberikan oleh guru.
  • Explorasi wacana tentang sambutan kaum Ansor terhadap kedatangan kaum muhajirin di Madinah
  • Merangkum hal-hal yang dilakukan kaum Ansor.
  • Mengemukakan sikap tolong menolong terhadap orang lain.








  • Menjelaskan hal-hal yang dilakukan para sahabat muhajirin
  • Mengemukakan perasaan terhadap perjuangan kaum muhajirin.
  • Melakukan sikap pengorbanan, sabar, tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik.


- Menyebutkan hal-hal yang dilakukan kaum Ansor dalam menyambut kedatangan kaum muhajirin di Madinah
- Menjelaskan ketentuan dalam tolong menolong.
- Menunjukkan sikap suka menolong dalam kehidupan sehari-hari.
-Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio












Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio
6 x 35 menit
















6 x 35 menit
- Al-qur’an, juz ’amma
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,
- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.VI ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.

Al-qur’an, juz ’amma
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,

- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.VI ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.
 
Aspek : Fiqih
Standar Kompetensi : 10. Mengetahui kewajiban zakat.
10.1 Menyebutkan macam-macam zakat.

















10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah.
  • Pengertian zakat
  • Menjelaskan macamnya zakat
  • Benda-benda yang wajib dizakatkan
  • Orang-orang yang berhak menerima zakat ( mustahiq )











  • Pengertian zakat fitrah.
  • Wujud zakat fitrah.
  • Waktu mengeluarkan zakat fitrah.
  • Hikmah zakat

  • Memperhatikan guru menjelaskan tentang zakat.
  • Mengidentifikasi benda-benda yang wajib dizakatkan
  • Mendiskusikan tentang mustahiq.
  • Menyampaikan paparan singkat tentang zakat.









  • Memperhatikan guru menjelaskan tentang zakat fitrah.
  • Mengidentifikasi wujudnya zakat fitrah di berbagai daerah.
  • Mendiskusikan tentang pelaksanaan zakat fitrah yang berjalan di lingkungan siswa.
  • Menyampaikan paparan singkat tentang zakat fitrah.



  • Menjelaskan pengertian zakat
  • Menyebutkan macam-macam zakat
  • Mengidentifikasi benda-benda yang wajib dizakatkan.
  • Menyebutkan 8 asnaf yang berhak menerima zakat.








- Menjelaskan pengertian zakat fitrah
- Menyebutkan wujud zakat fitrah
- Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat fitrah
- Mengemukakan hikmah zakat fitrah, bagi muzaki dan bagi mustahiq.
-Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio













Tes tertulis
-Tes lesan
- Non tes :
Unjuk kerja
Sikap/prilaku
Portofolio
6 x 35 menit

















3 x 35 menit
- Al-qur’an, juz ’amma
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,

- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.I ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.

Al-qur’an, juz ’amma
- M.A Maksum,
2007,Khazanah PAI
Kl.VI, Solo, PT Tiga
Serangkai Pustaka
Mandiri,

- Sugiyono S Ag,
2007, PAI Kl. VI,
Semarang,
Wawasan Ilmu,

- Yuni Wartono dkk,
2007, PAI Kl.I ,
Surakarta, Grahadi,
- Sumber lain yang
relevan.

 
Pemalang,  November 2009
Mengetahui :                                                                                                       Penyusun,
Kepala Sekolah






                       NIP. NIP.





0 komentar:

iklan