Rabu, 22 Desember 2010

rencana pelaksanaan pembelajaran IPA Kelas 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
NO. 1

Sekolah            : .............................................
Kelas / Semester        : VI  / 1
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu        : 6 x 35 menit ( 3 x Pertemuan )

A. Standar Kompetensi
   1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

B. Kompetensi Dasar
     1.1Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan ( kelelawar, cicak, bebek, ) dan lingkungan hidupnya.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Siswa dapat mengidentifikasikan ciri khusus kelelawar
2. Siswa dapat menjelaskan sistem sonar pada kelelawar
    Pertemuan II
    1. Siswa dapat mengidentifikasikan ciri khusus cicak
    2. Siswa dapat menjelaskan sistem perekat pada cicak
    Pertemuan III
    1. Siswa dapat mengidentifikasikan ciri khusus bebek
    2. Siswa dapat menjelaskan kaki berselaput pada bebek

D. Materi Pembelajaran
     Pertemuan I
    1. Kelelawar menggunakan sistem sonar disebut juga ekolokasi
    2. Kelelawar mengeluarkan bunyi ultrasonik
3. Kelelawar mempunyai kemampuan terbang
4. Kelelawar mempunyai posisi tidur siang hari dengan cara menggantung dan posisi terbalik
Pertemuan II
1. Cicak memiliki telapak kaki dengan sistem perekat beralur paralel
2. Cicak mempunyai kemampuan memutuskan ekornya
3. Cicak yang mempunyai lidah yang panjang dan lengket
Pertemuan III
1. Bebek memiliki paruh agak panjang dan lebar pada ujungnya
2. Bebek mempunyai bulu yang dilapisi minyak
3. Bebek memiliki kaki yang berselaput diantara jari kakinya

E. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, tugas, observasi, inquiri, diskusi
2. Model Pembelajaran
Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC )

F. KEGIAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Berdoa, salam pembuka
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran
4) Menyiapkan sumber bahan, alat peraga dan kelengkapan lainnya
5) Apersepsi yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

b. Kegiatan Inti ( 45 menit )
1) Eksplorasi
- Siswa mencari informasi yang luas dan belajar dari aneka sumber
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
- Membentuk beberapa kelompok, satu kelompok lima anak
2) Elaborasi
- Memberikan tugas untuk memecahkan gagasan baru secara tertulis
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Siswa membuat laporan eksplorasi secara tertulis dan kelompok
- Siswa menyajikan hasil kerja kelompok
3) Konfirmasi
- Mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok
- Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- Memberi informasi untuk bereksplorasi dan elaborasi lebih jauh
- Memberikan motivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif
c. Penutup ( 15 menit )
1) Siswa bersama guru membuat rangkuman kesimpulan
2) Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3) Merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, perbaikan dan pengayaan
4) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pertemuan II
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Berdoa, salam pembuka
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran
4) Menyiapkan sumber bahan, alat peraga dan kelengkapan lainnya
5) Apersepsi yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti ( 45 menit )
1) Eksplorasi
- Siswa mencari informasi yang luas dan belajar dari aneka sumber
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
- Membentuk beberapa kelompok, satu kelompok lima anak
2) Elaborasi
- Memberikan tugas untuk memecahkan gagasan baru secara tertulis
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Siswa membuat laporan eksplorasi secara tertulis dan kelompok
- Siswa menyajikan hasil kerja kelompok
3) Konfirmasi
- Mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok
- Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- Memberi informasi untuk bereksplorasi dan elaborasi lebih jauh
- Memberikan motivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif
c. Penutup ( 15 menit )
1) Siswa bersama guru membuat rangkuman kesimpulan
2) Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3) Merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, perbaikan dan pengayaan
4) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya



Pertemuan III
a. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Berdoa, salam pembuka
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran
4) Menyiapkan sumber bahan, alat peraga dan kelengkapan lainnya
5) Apersepsi yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari
6) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti ( 45 menit )
1) Eksplorasi
- Siswa mencari informasi yang luas dan belajar dari aneka sumber
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
- Membentuk beberapa kelompok, satu kelompok lima anak
2) Elaborasi
- Memberikan tugas untuk memecahkan gagasan baru secara tertulis
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Siswa membuat laporan eksplorasi secara tertulis dan kelompok
- Siswa menyajikan hasil kerja kelompok
3) Konfirmasi
- Mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok
- Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- Memberi informasi untuk bereksplorasi dan elaborasi lebih jauh
- Memberikan motivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif
c. Penutup ( 15 menit )
1) Siswa bersama guru membuat rangkuman kesimpulan
2) Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3) Merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, perbaikan dan pengayaan
4) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

G. Sumber Belajar
     1. Heri Sulistiyanto, Edi Wiyono 2008. IPA Untuk SD/MI Kelas VI, halaman 3-6. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdikanas
     2. Haryanto. 2006. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas VI, halaman 2-7. Jakarta : Erlangga
     
H. Penilaian Hasil Belajar

0 komentar:

iklan