Rabu, 22 Desember 2010

rencana pelaksanaan pembelajaran PKnKelas 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO. : 1


Sekolah        :
Mapel        : PKn
Kelas/Semester    : VI / 1
Alokasi Waktu    : 4 x 35 menit (2x pertemuan)

1.Standar Kompetensi
1.Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.Kompetensi Dasar
1.1     Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.Tujuan Pembelajaran
31Pertemuan I :     -     Menuliskan susunan Panitia Sembilan
Menyebutkan nama-nama Panitia Sembilan
Menjelaskan tugas panitia sembilan
32Pertemuan II :     -     Menuliskan rumusan Dasar Negara yang dikemukakan oleh Mr. Muh. Yamin, Supomo dan Ir. Soekarno.
Menyebutkan tanggal disyahkannya Pancasila sebagai Dasar Negara.
Menyebutkan rumusan Pancasila secara berurutan.
4.Materi Ajar
41Pertemuan 1
Susunan Panitia Sembilan
Ketua        : Ir. Soekarno
Anggota    : Abdul Kahar Muzakir
Drs. Moh. Hatta
K.H. Abdul Wachid Hasyim
Mr. Moh. Yamin
H. Agus Salim
Ahmad Subarjo
Abikusno Cokro Suryo
A.A. Maramis
42Pertemuan 2
Rumusan Dasar Negara Indonesia Merdeka
1. Usulan Moh. Yamin
    1. Peri kebangsaan
    2. Peri kemanusiaan
    3. Peri ketuhanan
    4. Peri kerakyatan
    5. Kesejahteraan rakyat
2. Usulan Supomo
        1. Persatuan
        2. Kekeluargaan
        3. Keseimbangan lahir dan batin
        4. Musyawarah
        5. Keadilan sosial
3. Usulan Ir. Soekarno
        1. Kebangsaan Indonesia
        2. Internasional atau peri kemanusiaan
        3. Mufakat atau demokrasi
        4. Kesejahteraan sosial
        5. Ketuhanan Yang Maha Esa
5.Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya jawab
Tugas
6.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Pendahuluan (15 menit)
1.Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
3.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1.Eksplorasi
Peserta didik mencari informasi yang luas tentang susunan Panitia Sembilan.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik, guru dan sumber belajar lainnya.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2.Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas bermakna.
Memfasilitasi peserta didik melalui pembelajaran tugas untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3.Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis.
Peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi pelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.
Pertemuan II
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Panitia Sembilan diketuai oleh siapa?
Apa tugas Panitia Sembilan?
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang materi yang akan dipelajari.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas-tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Guru memfasilitasi peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman materi pelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.
7.Sumber Belajar
a. Buku PKn kelas VI
b. Sarana media :  - Urutan Pancasila yang benar dan syah
            - Gambar
8.Penilaian
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Bagaimana susunan dari Panitia Sembilan itu?
2. Sebutkan nama ketua Panitia Sembilan!
3. Sebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan!
4. Apa tugas pokok Panitia Sembilan?

Pertemuan II
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan rumusan-rumusan Dasar Negara yang diusulkan oleh Muh. Yamin!
2. Sebutkan bunyi usulan Mr. Supomo yang ke-5 pada rumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI!
3. Apa nama usulan dari Ir. Soekarno tentang rumusan dasar negara Indonesia Merdeka itu?
4. Setiap tanggal berapa hari lahirnya Pancasila ditetapkan?
5. Apa bahasa Jepangnya BPUPKI?

Kunci Jawaban
Pertemuan I
1.    Susunan Panitia Sembilan terdiri dari :
Ketua        : Ir. Soekarno
Anggota    : Abdul Kahar Muzakir
Drs. Moh. Hatta
K.H. Abdul Wachid Hasyim
Mr. Moh. Yamin
H. Agus Salim
Ahmad Subarjo
Abikusno Cokro Suryo
A.A. Maramis

2.    Ir. Soekarno
3.    Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Muh. Yamin, H. Agus Salim, Abdul Kahar Muzakir, K.H. Abdul Wahid Hasyim, A.A. Maramis, Abi Kusno Cokro Suryo, Ahmad Subarjo.
4. Merumuskan dasar negara Indonesia Merdeka.

Pertemuan II
1.    Peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, kesejahteraan rakyat.
2. Keadilan sosial.
3. Pancasila
4. 1 Juni
5. Dokuritsu Junbi Casakai.


Mengetahui                                             Pemalang, Juli 2010
Kepala Sekolah                                         Guru kelas VI





..............                                         ...............

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO. : 2


Sekolah        :
Mapel        : PKn
Kelas/Semester    : VI / 1
Alokasi Waktu    : 4 x 35 menit (2x pertemuan)

1.     Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.     Kompetensi Dasar
1.1     Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.2    Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.     Tujuan Pembelajaran
3.1 Pertemuan I :     -     Mengidentifikasi nilai-nilai juang yang dimiliki para tokoh dalam proses perumusan Pancasila
3.2 Pertemuan II :     -     Menjelaskan secara singkat hasil rumusan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno, Muh. Yamin dan Supomo sebelum masuk UUD 1945.
Menyebutkan hasil rumusan yang dikemukakan pada tanggal 29 Mei, 30  Mei dan 1 Juni 1945.
4.     Materi Ajar
4.1 Pertemuan 1
Nilai-nilai juang yang dimiliki tokoh dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
Lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan golongan.
Berjuang keras tanpa pamrih dan tulus ikhlas.
Mengedepankan musyawarah untu mufakat.
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
Menjunjung nilai kebersamaan dan kekeluargaan untuk menghindari perpecahan.
4.2 Pertemuan 2
Hasil rumusan yang dikemukakan oleh beberapa tokoh antara lain :
a. Muh. Yamin
Pemikirannya tentang dasar negara Indonesia Merdeka diberi judul ”Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia”
b. Supomo
Pemikirannya tentang dasar negara berupa penjelasan tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan dasar negara Indonesia Merdeka. Negara yang dibentuk hendaklah negara integralistik.
c. Ir. Soekarno
Pemikirannya tentang dasar negara Indonesia diberi nama Pancasila, sesuai saran temannya yang ahli bahasa. Untuk selanjutnya pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.
5.     Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Tugas
Diskusi
6.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Kapan sidang BPUPKI yang pertama?
Sebutkan tokoh yang mengemukakan hasil rumusan dasar negara pada sidang BPUPKI pertama!
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang nilai-nilai juang dalam perumusan dasar negara.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi pembelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.
Pertemuan II
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Sebutkan nilai-nilai juang dari tokoh-tokoh perumus dasar negara yang kamu ketahui!
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang hasil rumusan dari tokoh-tokoh perumus dasar negara.
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi pembelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.
7.     Sumber Belajar
a. Buku PKn kelas VI
b. Sarana media :  Gambar tokoh perumus dasar negara
8.     Penilaian
a. Jenis tes    : Tertulis
b. Bentuk tes    : Jawaban singkat.
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Kapan dan dimana Ir. Soekarno dilahirkan?
2. Pada tanggal berapa Ir. Soekarno dilantik menjadi Presiden RI pertama?
3. Sebutkan judul pembelaan Moh. Hatta pada sidang pengadilan di Den Haag!
4.    Siapa nama tokoh yang memberi sebutan Jakarta Charter pada hasil rumusan Panitia Sembilan?
5. Sebutkan 2 nilai juang dari tokoh-tokoh perumus dasar negara Indonesia Merdeka!

Pertemuan II
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan judul pemikiran Muh. Yamin tentang dasar negara Indonesia Merdeka!
2. Menurut Mr. Supomo negara yang dibentuk hendaklah negara yang bagaimana?
3. Mengapa tanggal 1 Juni dijadikan sebagai hari lahirnya Pancasila?
4. Sebutkan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno!

Kunci Jawaban
Pertemuan I
1.    Tanggal 6 Juni 1901 di Blitar.
2.    Tanggal 18 Agustus 1945.
3.    Indonesia Vrij
4. Mr. Muh. Yamin
5. - Berjuang keras tanpa pamrih
    - Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan. dll

Pertemuan II
1.    Asas dan dasar negara kebangsaan Republik Indonesia.
2. Negara integralistik.
3. Sebab : nama Pancasila dikenalkan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945.
4. Rumusan Ir. Soekarno :
    a. Kebangsaan Indonesia
    b. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
    c. Mufakat atau demokrasi.
    d. Kesejahteraan sosial.
5. Ketuhanan Yang Maha Esa.


Mengetahui                                             Pemalang, Juli 2010
Kepala Sekolah                                         Guru kelas VI





..............                                         ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO. : 3


Sekolah        :
Mapel        : PKn
Kelas/Semester    : VI / 1
Alokasi Waktu    : 4 x 35 menit (2x pertemuan)

1.     Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.     Kompetensi Dasar
1.2    Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.     Tujuan Pembelajaran
3.1 Pertemuan I :     -     Menyebutkan isi dari Piagam Jakarta.
        -     Menyebutkan nama tokoh yang tergabung dalam kelompok kecil yang dibentuk BPUPKI.
3.2 Pertemuan II :     -     Menuliskan contoh nilai kebersamaan yang dimiliki oleh setiap tokoh dalam perumusan Pancasila.
Mendemonstrasikan salah satu contoh nilai kebersamaan yang dapat diteladani.
4.     Materi Ajar
4.1 Pertemuan 1
- Isi piagam Jakarta (Jakarta Charter)
a. Pernyataan Indonesia Merdeka.
b. Penolakan terhadap penjajahan di atas bumi.
c.    Kemerdekaan merupakan rahmat Allah yang Maha Kuasa dan keinginan rakyat Indonesia.
d.    Tujuan Indonesia merdeka.
e. Urutan Pancasila yang benar dan syah.
- Tokoh kelompok kecil perancang Undang-Undang
a. Ketua    : Mr. Supomo
b. Anggota    : - Wongsonegoro
-    Ahmad Subarjo
- Singgih
- H. Agus Salim
- Sukiman
4.2 Pertemuan 2
Contoh nilai kebersamaan yang dimiliki tokoh perumusan dasar negara.
a. Pengubahan pada sila pertama yang berfungsi ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.
    Diganti menjadi :
    ”Ketuhanan Yang Maha Esa”
b.    Pengubahan pada Bab II UUD asal 6 yang semula : ”Presiden ialah orang Indonesia yang beragama Islam”
    diganti menjadi :
    ”Presiden ialah orang Indonesia asli”
5.     Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Tugas
Demonstrasi
6.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Sebutkan judul pemikiran Muh. Yamin tentang dasar negara Indonesia Merdeka!
Mengapa tanggal 1 Juni dijadikan sebagai hari lahirnya Pancasila?
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang Piagam Jakarta.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi pembelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.
Pertemuan II
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Piagam Jakarta dikenal juga dengan nama apa?
Siapa ketua panitia kecil perancang undang-undang?
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang contoh nilai kebersamaan yang dimiliki oleh setiap tokoh perumus dasar negara.
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi ajar.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.
7.     Sumber Belajar
a. Buku PKn kelas VI
b. Sarana media :  Foto kopi isi Piagam Jakarta
Gambar foto suasana sidang BPUPKI
8.     Penilaian
a. Jenis tes    : Tertulis
b. Bentuk tes    : Jawaban singkat.dan sosio drama
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan isi intisari isi dari Piagam Jakarta yang kamu ketahui!
2. Sebutkan tokoh-tokoh yang tergabung dalam panitia kecil yang dibentuk BPUPKI!

Pertemuan II
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tulislah contoh nilai kebersamaan yang dimiliki tokoh perumus dasar negara!
2.    Peragakan bersama kelompokmu salah satu contoh sikap nilai kebersamaan dalam memutuskan suatu musyawarah!

Kunci Jawaban
Pertemuan I
1.    -     Pernyataan Indonesia merdeka
-    Penolakan terhadap penjajahan
-    Kemerdekaan merupakan rahmat Allah yang Maha Kuasa dan keinginan luhur rakyat Indonesia.
-     Tujuan Indonesia merdeka.
-     Urutan Pancasila yang benar dan syah.
2.    Panitia kecil : Ketua : Mr. Supomo
                 Anggota    : Wongso Negoro
                      Ahmad Subarjo
                      Singgih
                      H. Agus Salim
                      Sukiman

Pertemuan II
1.    Contoh nilai kebersamaan :
    - Pengubahan kalimat pada sila pertama.
    - Pengubahan kalimat pada pasal 6 UUD tentang syarat calon presiden.
2. Kebijakan guru kelas



Mengetahui                                             Pemalang, Juli 2010
Kepala Sekolah                                         Guru kelas VI





..............                                         ...............

0 komentar:

iklan