Kamis, 23 Desember 2010

rpp PAI kelas IV

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester    : IV/ Satu
Pertemuan Ke-    : 1 sampai dengan 4
Waktu    : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi    : Membaca surah-surah Al-Qur’an

I. Kompetensi Dasar
• Membaca Surah al-Fatihah dengan lancar
• Membaca Surah al-Ikhlas dengan lancer

II. Indikator
• Menirukan bacaan Al-Qur’an Surah al-Fatihah
• Melafalkan Al-Qur’an Surah al-Fatihah per ayat
• Membaca Al-Qur’an Surah al-Fatihah secara keseluruhan
• Melafalkan Al-Qur’an Surah al-Fatihah dengan jelas
• Menirukan Al-Qur’an Surah al-Ikhlas per ayat
• Melafalkan Al-Qur’an Surah al-Ikhlas secara keseluruhan

III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat membaca Al-Qur’an Surah al-Fatihah dengan baik dan benar.
2. Siswa diharapkan dapat membaca Al-Qur’an Surah al-Ikhlas dengan baik dan benar.
3. Siswa diharapkan dapat membaca Al-Qur’an Surah al-Fatihah dengan lancar.
4. Siswa diharapkan dapat membaca Al-Qur’an Surah al-Ikhlas dengan lancar.

IV. Materi Ajar
Surah al-Fatihah
Surah al-Ikhlas

V. Metode Belajar
1. Demonstrasi
2. Hafalan
3. Resitasi

VI. Sumber Belajar
1.    Kurikulum KTSP
2.    Buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV
3.    Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI tahun 2006
4.    Tayangan VCD bacaan Juz ‘Amma
5.    Rekaman kaset bacaan Juz ‘Amma

VII. KEGITAN PEMBELAJARAN

 Pertemuan   I
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.





B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru bertanya jawab tentang Al-Qur’an Surah al-Fatihah .
b.    Guru menuliskan, memasang paparan atau tayangan VCD atau LCD di monitor mengenai Surah al-Fatihah sehingga mudah dilihat oleh siswa.
c.    Siswa menyimak bacaan Surah al-Fatihah bersama-sama.
d.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Fatihah secara kelompok.
e.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Fatihah secara mandiri / perorangan

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mendemonstrasikan bacaan Surah al-Fatihah dengan baik dan benar.
b.    Siswa menirukan bacaan guru dengan benar secara bersamasama.
c.    Siswa melafalkan Surah al-Fatihah secara bersama-sama.
d.    Siswa melafalkan Surah al-Fatihah secara kelompok.
e.    Siswa melafalkan Surah al-Fatihah secara mandiri.
f.    Siswa menghafalkan Surah al-Fatihah secara mandiri.
g.    Guru membetulkan apabila terdapat kekeliruan dari bacaan siswa.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar membiasakan diri membaca Surah al-Fatihah setiap hari terutama dalam salat.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa secara mandiri membaca Surah al-Fatihah dengan lancar.

2.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mengulang-ulang bacaan  surah tersebut setiap hari.
3.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak bersama siswa membaca hamdalah atau doa.
4.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan   II
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru bertanya jawab tentang Al-Qur’an Surah al-Fatihah.
b.    Guru menuliskan, memasang paparan atau tayangan VCD atau LCD di monitor mengenai Surah al-Fatihah sehingga mudah dilihat oleh siswa.
c.    Siswa menyimak bacaan Surah al-Fatihah.
d.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Fatihah secara bersama-sama
e.    Siswa melafalkan bacaan Surah al Fatihah secara kelompok
f.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Fatihah mandiri / perorangan

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mendemonstrasikan bacaan Surah al-Fatihah dengan baik dan benar.
b.    Siswa menirukan bacaan guru dengan benar secara bersamasama.
c.    Siswa melafalkan Surah al-Fatihah secara bersama-sama.
d.    Siswa melafalkan Surah al-Fatihah secara kelompok
e.    Siswa melafalkan Surah al-Fatihah secara mandiri
f.    Siswa menghafalkan Surah al-Fatihah secara mandiri.
g.    Guru membetulkan apabila terdapat kekeliruan dari bacaan siswa.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar membiasakan diri membaca Surah al-Fatihah setiap hari terutama dalam salat.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa secara mandiri membaca Surah al-Fatihah dengan lancar.

2.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mengulang-ulang bacaan surah tersebut setiap hari.
3.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak bersama siswa membaca hamdalah atau doa.
4.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan   III
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru bertanya jawab tentang Al-Qur’an Surah al-Ikhlas.
b.    Guru menuliskan, memasang paparan atau tayangan VCD atau LCD di monitor mengenai Surah al-Ikhlas sehingga mudah dilihat oleh siswa.
c.    Siswa menyimak bacaan Surah al-Ikhlas bersama-sama.
d.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Ikhlas kelompok
e.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Ikhlas mandiri

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mendemonstrasikan bacaan Surah al-Ikhlas dengan baik dan benar.
b.    Siswa menirukan bacaan guru dengan benar secara bersamasama.
c.    Siswa melafalkan Surah al-Ikhlas secara bersama-sama.
d.    Siswa melafalkan Surah al-Ikhlas secara kelompok.
e.    Siswa melafalkan Surah al-Ikhlas secara mandiri.
f.    Guru membetulkan apabila terdapat kekeliruan dari bacaan siswa.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar membiasakan diri membaca Surah al-Ikhlas setiap hari terutama dalam salat.
b.    Guru menganjurkan kepada siswa agar membiasakan membaca Surah al-Ikhlas dengan lancar setiap hari.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa secara mandiri membaca Surah al-Fatihah dengan lancar.
2.    Para siswa secara mandiri membaca Surah al-Ikhlas dengan lancar.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mengulang-ulang bacaan kedua surah tersebut setiap hari.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak bersama siswa membaca hamdalah atau doa.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan   IV
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru bertanya jawab tentang Al-Qur’an Surah  al-Ikhlas.
b.    Guru menuliskan, memasang paparan atau tayangan VCD atau LCD di monitor mengenai Surah al-Ikhlas sehingga mudah dilihat oleh siswa.
c.    Siswa menyimak bacaan Surah al- Ikhlas bersama-sama
d.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Ikhlas secara bersama-sama
e.    Siswa melfalkan bacaan Surah al-Ikhlas secara kelompok
f.    Siswa melafalkan bacaan Surah al-Ikhlas mndiri

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mendemonstrasikan bacaan Surah al-Ikhlas dengan baik dan benar.
b.    Siswa menirukan bacaan guru dengan benar secara bersamasama.
c.    Siswa melafalkan Surah al-Ikhlas secara bersama-sama
d.    Siswa melafalkan Surah al-Ikhlas secara kelompok.
e.    Siswa melafalkan Surah al-Ikhlas secara mandiri.
f.    Siswa menghafalkan Surah al-Ikhlas secara mandiri.
g.    Guru membetulkan apabila terdapat kekeliruan dari bacaan siswa.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar membiasakan diri membaca Surah al-Fatihah dan al-Ikhlas setiap hari terutama dalam salat.
b.    Guru menganjurkan kepada siswa agar membiasakan membaca surat al-Fatihah dan Surah al-Ikhlas dengan lancar setiap hari.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa secara mandiri membaca Surah al-Fatihah dengan lancar.
2.    Para siswa secara mandiri membaca Surah al-Ikhlas dengan lancar.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mengulang-ulang bacaan kedua surah tersebut setiap hari.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak bersama siswa membaca hamdalah atau doa.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

VIII. Penilaian

1. Tes Lisan
Setiap siswa diminta untuk melafalkan Surah al-Fatihah dan Surah al-Ikhlas dengan lancar.

2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa, sebagaimana tercantum dalam buku Pendidikan agama islam kls IV.

3. Tes Perbuatan
Beberapa siswa diminta mendemonstrasikan bacaan Surah al-Fatihah dan surah al-ikhlas

Instrumen
1.    Ada berapa jumlah surat al-fatihah  ?  ………………………
2.    Berapa jumlah ayat dalam surat al Ikhlas  ?  ………………..
3.    Surat apa yang pertama ditulis dalam a-Qur’an  ?  ………….
4.    Bagaimana bunyi ayat1 surat al-fatihah  ?  ………………….
5.    Membaca surat apa yg pabahalanya sama dg 10 juz ?  ……..
6.    Surat al-ikhlas menerangkan tentang ?  ……………………..
7.    Assab’ul matsani nama lain dari surat ?  …………………….
8.    Apa arti al-fatihah   ?  ………………………………………..
9.    Bagaimana bunyi ayat ke 4 surat al-Ikhlas ? …………………
10.    Apa bunyi ayat 3 surat al-fatihah  ?  …………………………

Kunci Jawaban
1.    7                                              
2.    4
3.    Al-fatihah
4.    Bismillahirrohmanirrohim
5.    Al-ikhlas
6.    Kemuurnian keesaan Allah SWT
7.    Al-fatihah
8.    Pembukaan
9.    Walam yakillahuukkuufuwan ahad
10.    Arrohmanirrohim

SEKOR NILAI

        N  =     100 X 10
                                          10

Mengetahui
Kepala SDN ………………………..




……………………………….
NIP. ............................    Pemalang,…………………………….
Guru Pend Agama Islam




……………………………..
NIP. …………………….   













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran     : Pendidikan agama Islam
Kelas/Semester     : IV/Satu
Pertemuan Ke-     : 5 sampai dengan 6
Alokasi Waktu     : 6 × 35 menit
Standar Kompetensi     : Mengenal sifat jaiz Allah swt.

I. Kompetensi Dasar
• Menyebutkan sifat Jaiz Allah swt.
• Mengartikan sifat Jaiz Allah swt.

II. Indikator
• Menjelaskan sifat jaiz bagi Allah swt.
• Menjelaskan arti sifat jaiz Allah swt.

III. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan sifat jaiz Allah swt.
2.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan arti sifat jaiz Allah swt.
3.    Siswa diharapkan dapat menyebutkan bukti bahwa Allah swt. Memiliki sifat jaiz.

IV. Materi Ajar
Sifat jaiz Allah swt.

V. Metode Belajar
1.    Demonstrasi
2.    Hafalan
3.    Resitasi

VI. Sumber Belajar
1.    Buku Pendidikan Agama Islam kls IV dan buku-buku yg relevan
2.    Kertas panel untuk bahan diskusi

VII. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan  I  ( 5 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Eksplorasi
a.    Guru-siswa bertanya jawab tentang sifat-sifat Allah swt.
b.    Guru-siswa bertanya jawab tentang sifat jaiz Allah swt.
c.    Siswa membaca buku teks tentang sifat jaiz Allah swt.
d.    Siswa berdiskusi tentang apa bukti bahwa Allah swt. Memiliki sifat jaiz.
e.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lainnya.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.    Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
c.    Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
d.    Siswa melengkapi catatan yang kurang.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar kreatif dan bersikap dinamis dalam kegiatan belajar di saat mendatang.
b.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar rajin bertanya apabila ada keterangan penjelasan yang belum jelas.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak bersama siswa membaca hamdalah atau doa.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan  II ( 6 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV.
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
5.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Eksplorasi
a.    Guru-siswa bertanya jawab tentang sifat-sifat Allah swt.
b.    Guru-siswa bertanya jawab tentang sifat jaiz Allah swt.
c.    Siswa membaca buku teks tentang sifat jaiz Allah swt.
d.    Siswa berdiskusi tentang arti sifat jaiz yang di miliki oleh Allah swt.
e.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lainnya.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.    Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
c.    Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
d.    Siswa melengkapi catatan yang kurang.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar kreatif dan bersikap dinamis dalam kegiatan belajar di saat mendatang.
b.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar rajin bertanya apabila ada keterangan penjelasan yang belum jelas.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak bersama siswa membaca hamdalah atau doa.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Setiap siswa diminta untuk menjelaskan pengertian sifat jaiz Allah swt.

2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa, sebagaimana tercantum dalam buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV

3. Tes Perbuatan
Beberapa siswa diminta menyebutkan bukti bahwa Allah memiliki sifat jaiz

Instrumen

1.    Ada berapa sifat jaiz Allah swt  ?  ………………………….
2.    Apakah arti sifat jaiz Allah itu   ?  ………………………….
3.    Siapa yang menentukan segala kejadian di alam dunia ini ?  …………
4.    Beri dua contoh sifat jaiz yang kamu ketahui  ?   ……………………..
5.    Dengan kata apa Allah mau menciptakan segala seuatu ?  ……………

Kunci jawaban

1.    Satu
2.    Boleh berbuat atau tidak berbuat
3.    Allah swt
4.    a.  Hari akan turun hujan atau tidak
b.  Gunung akan meletuus atau tidak
        5.   Kun fa yakun.



Scor Prnilaian

            N    =       5  X   10
      





Mengetahui
Kepala SDN ………………………..




……………………………….
NIP. ............................    Pemalang,…………………………….
Guru Pend Agama Islam




……………………………..
NIP. …………………….      
       
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester     : IV/Satu
Pertemuan Ke-     : 7 sampai dengan 10
Alokasi Waktu     : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi     : Menceritakan kisah nabi

I. Kompetensi Dasar
• Menceritakan kisah Nabi Adam a.s.

II. Indikator
• Menjelaskan awal kejadian Nabi Adam a.s.
• Menjelaskan sebab Nabi Adam a.s. diturunkan ke bumi.
• Menyebutkan sedikitnya dua putra Nabi Adam a.s.

III. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan awal kejadian Nabi Adam a.s.
2.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan sebab Nabi Adam a.s. diturunkan ke bumi.
3.    Siswa diharapkan dapat menyebutkan sedikitnya dua putra Nabi Adam a.s.

IV. Materi Ajar
Kisah Nabi Adam a.s.

V. Metode Belajar
1.    Demonstrasi
2.    Hafalan
3.    Resitasi

VI. Sumber Belajar
1.    Buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
2.    Kertas panel untuk bahan diskusi
3.    CD mengenai kisah Nabi Adam a.s.

VII. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan  I  ( 7 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Eksplorasi
a.    Siswa membaca sejarah kisah Nabi Adam a.s.
b.    Siswa melihat tayangan kisah Nabi Adam a.s.
c.    Siswa bertanya jawab tentang akan diciptakannya Nabi Adam a.s. sebagai khalifah di muka bumi.
d.    Siswa berdiskusi tentang apa sebab Nabi Adam a.s. diturunkan ke bumi.
e.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.    Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
c.    Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
d.    Siswa melengkapi catatan yang kurang.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar kreatif dan bersikap dinamis dalam kegiatan belajar di saat mendatang.
b.    Guru mengajurkan kepada para siswa agar rajin bertanya apabila ada keterangan yang belum jelas.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan  II  ( 8 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Eksplorasi
a.    Siswa membaca sejarah kisah Nabi Adam a.s.
b.    Siswa melihat tayangan kisah Nabi Adam a.s.
c.    Siswa bertanya jawab tentang akan diciptakannya Nabi Adam a.s. sebagai khalifah di muka bumi.
d.    Siswa berdiskusi tentang apa sebab Nabi Adam a.s. diturunkan ke bumi.
e.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.
f.   Siswa dapat menyebutkan putra putri nabi Adam as.


2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.    Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
c.    Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
d.    Siswa melengkapi catatan yang kurang.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar kreatif dan bersikap dinamis dalam kegiatan belajar di saat mendatang.
b.    Guru mengajurkan kepada para siswa agar rajin bertanya apabila ada keterangan yang belum jelas.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan  III  ( 9 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SD Klas IV.
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Eksplorasi
a.    Siswa membaca sejarah kisah Nabi Adam a.s.
b.    Siswa melihat tayangan kisah Nabi Adam a.s.
c.    Siswa bertanya jawab tentang akan diciptakannya Nabi Adam a.s. sebagai khalifah di muka bumi.
d.    Siswa berdiskusi tentang apa sebab Nabi Adam a.s. diturunkan ke bumi.
            e.  Siswa berduskusi tentang putra putri nabi Adam as.
f.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.    Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
c.    Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
d.    Siswa melengkapi catatan yang kurang.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar kreatif dan bersikap dinamis dalam kegiatan belajar di saat mendatang.
b.    Guru mengajurkan kepada para siswa agar rajin bertanya apabila ada keterangan yang belum jelas.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.
Pertemuan  IV  ( 10 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV.
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Eksplorasi
a.    Siswa membaca sejarah kisah kelahiran Nabi Muhammad saw., dan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.
b.    Siswa melihat tayangan kisah Nabi Muhammad saw.
c.    Siswa bertanya jawab tentang kisah kelahiran Nabi Muhammad saw. dan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.
e.    Siswa berdiskusi tentang kisah kelahiran nabi Muhammad saw.
f.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.    Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
c.    Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
d.    Siswa melengkapi catatan yang kurang.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar kreatif dan bersikap dinamis dalam kegiatan belajar di saat mendatang.
b.    Guru mengajurkan kepada para siswa agar rajin bertanya apabila ada keterangan yang belum jelas.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Setiap siswa diminta untuk menceritakan secara sekilas kisah Nabi Adam a.s., kisah kelahiran Nabi Muhammad saw., dan perilaku masa kanakkanak Nabi Muhammad saw.

2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa, sebagaimana tercantum dalam buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV

3. Tes Perbuatan
Setiap siswa diharapkan dapat menerapkan kepribadian Nabi Muhammad saw. ketika masa kanak-kanak serta kejujuran dan keluhuran budi Nabi Muhammad saw. dalam kehidupannya sehari-hari.


Instrumen

1.  Zaman jahiliyah artinya zaman  ?    ……………………………….
2.  Sebelum Adam di ciptakan Allah telah menciptakan  ?   …………..
3.  Nabi Adam di turunkan ke bumi karena  ?  …………………………
4.  Isri nabi Adam as  adalah ?  ………………………………………...
5.  Musuh nabi Adam dan keturunannya adalah  ?  ……………………
6.  Nabi Muuhammad saw lahir pada tgl ?  ……………………………
7.  Habil adalah salah satu anak nabi  ?   ………………………………
8.  Bapaknya nabi Muuhama\mad saw  ?  ……………………………..
9.  Siapa nama pendeta yang tanda-tanda kenabian pada muhamad ? …
10. Siapa nama kakek nabi Muhammad saw ?  ………………………..

Kunci Jawaban
1.    Kebodohan
2.    Malaikat dan syaetan
3.    Melanggar larangan Allah ( makan buah khuldi )
4.    Hawa
5.    Syaetan
6.    12 robiul awal 571 m
7.    Nabi Adam as
8.    Abdullah
9.    Pendata Buhaira
10.    Abdul Mutholib


Scor Nilai

        N =   10  X  100
                                       10



Mengetahui
Kepala SDN ………………………..




……………………………….
NIP. ............................    Pemalang,…………………………….
Guru Pend Agama Islam




……………………………..
NIP. …………………….   
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester         : IV/Satu
Pertemuan Ke-         : 11 sampai 13
Alokasi Waktu         : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi         : Membiasakan perilaku terpuji

I. Kompetensi Dasar
• Meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam a.s.
• Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.

II. Indikator
• Menceritakan perilaku tobatnya Nabi Adam a.s.
• Menunjukkan sikap meneladani tobatnya Nabi Adam a.s.
• Menceritakan masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.
• Menunjukkan sikap meneladani masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.

III. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan kisah singkat Nabi Adam a.s.
2.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan kisah singkat Nabi Muhammad saw.
3.    Siswa diharapkan dapat menunjukkan sikap meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam a.s.
4.    Siswa diharapkan dapat menunjukkan sikap meneladani masa kanakkanak Nabi Muhammad saw.

IV. Materi Ajar
Membiasakan perilaku terpuji

V. Metode Belajar
1.    Demonstrasi
2.    Hafalan
3.    Resitasi

VI. Sumber Belajar
1.    Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
2.    Kertas panel untuk bahan diskusi

VII. Kegiatan  Pembelajara

Pertemuan I   ( 11 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru-siswa bertanya jawab tentang perilaku Nabi Adam a.s.
b.    Guru-siswa bertanya jawab tentang cara tobatnya Nabi Adam a.s.
c.    Siswa membaca buku teks tentang kisah rasul.


2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan lewat CD tentang kisah Nabi Adam a.s. dan Nabi Muhammad saw.
c.    Siswa bertanya tentang cara meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam as dan perilaku masa kanak-kanak nabi Muhamad saw.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar menerapkan keteladanan yang dapat diambil dari perilaku tobatnya Nabi Adam a.s.
b.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar menerapkan keteladanan yang dapat diambil dari masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw., seperti sifat siddiq, amanah, tablig, dan fatanah.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
2.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
3.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
4.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan II  ( 12 )

A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Siswa berdiskusi tentang perilaku Nabi Adam a.s. yang perlu diteladani.
b.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan lewat CD tentang kisah Nabi Adam a.s.
c.    Siswa berdiskusi tentang cara meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam as.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar menerapkan keteladanan yang dapat diambil dari perilaku tobatnya Nabi Adam a.s.
b.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar menerapkan keteladanan yang dapat diambil dari cara bertobatnya nabi Adam as.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak

Pertemua  III  ( 13 )

A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SDKls IV.
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Siswa membaca buku teks tentang kisah rasul.
b.    Siswa berdiskusi tentang perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw. yang perlu diteladani.
c.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan lewat CD/ bercerta tentang kisah Nabi Muhammad saw.
c.    Siswa berdiskusi tentang cara meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar menerapkan keteladanan yang dapat diambil dari perilaku masa kanak-kanak nabi Muhamad saw.
b.    Guru menganjurkan kepada para siswa agar menerapkan keteladanan yang dapat diambil dari masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw., seperti sifat siddiq, amanah, tablig, dan fatanah.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
6.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak

VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Setiap siswa diminta untuk menceritakan secara sekilas tentang car meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam a.s. dan masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw.

2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa, sebagaimana tercantum dalam buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV

3. Tes Perbuatan
Setiap siswa diharapkan dapat meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam a.s. dan masa kanak-kanak Nabi Muhammad saw. untuk diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari.

Instrumen

1.    Apa sebabnya nabi Adam as  dan hawa di turunkan ke bumu ?  ………………….
2.    Sebutkan sifat wajib bagi rosul  ?  ……………………………..
3.    Apabila kita berbuat dosa maka segera  ?  …………………….
4.    Untuk memohon ampun kepada Allah  dengan ucapan ? ……..
5.    Nasehat nabi Adam as kepada keturunannya agar tidak tergoda oleh ?  ….......
6.    Arti sifat sidik  ?  …………………………………………… 
7.    Setelah di tinggal kakeknya muhamad diasuh oleh pamannya yang bernama?...
8.    Nabi Muhamad membantu pamannya dengan cara ?   …………………………
9.    Nabi Adam as bertaubat kepada Allah dengan cara tobat ? ……………………
10.    Apabila kita berjanji maka hurus kita  ?  ……………………………………….


Kunci Jawaban
1.    Melanggar larangan Allah,makan buuah huuldi.
2.    Sidik,  amah, fathonah , Tabligh
3.    Bertobat
4.    Astaghfirullah hal adhim
5.    Bujuk rayu syaeton
6.    Jujur
7.    Abu tholib
8.    Berdagang
9.    Taubat nasuha
10.    Tepati




Score Nilai

                       N  =   10    X   100
                                  10


Mengetahui
Kepala SDN ………………………..




……………………………….
NIP. ............................    Pemalang,…………………………….
Guru Pend Agama Islam




……………………………..
NIP. …………………….   
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester     : IV/Satu
Pertemuan Ke-     : 14 sampai dengan 17
Alokasi Waktu     : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi     : Ketentuan-ketentuan salat

I. Kompetensi Dasar
• Menyebutkan rukun salat
• Menyebutkan sunah salat
• Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat
• Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat

II. Indikator
• Menjelaskan arti rukun salat
• Mempraktikkan rukun salat
• Melakukan sunah salat
• Menjelaskan perbedaan syarat sah dan syarat wajib salat
• Menjelaskan hal-hal yang membatalkan salat
• Meninggalkan hal-hal yang membatalkan salat

III. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan maksud rukun salat.
2.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan perbuatan sunah dalam salat.
3.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan perbedaan antara syarat sah dan syarat wajib salat.
4.    Siswa diharapkan dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan salat.

IV. Materi Ajar
Ketentuan salat

V. Metode Belajar
1.    Demonstrasi
2.    Hafalan
3.    Resitasi

VI. Sumber Belajar
1.    Buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
2.    Kertas panel untuk bahan diskusi.

VII. Kegitan  Pembelajaran

Pertemua I  ( 14 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru-siswa bertanya jawab tentang ketentuan salat.
b.    Guru-siswa berdiskusi tentang sunah salat.
e.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan CD tentang ketentuan-ketentuan salat.
c.    Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan salat.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Siswa mengamati tayangan CD tentang ketentuan-ketentuan salat.
b.   Siswa di bagi menjadi empat kelompok untuk mendiskusikan tentang     
      ketentuan-ketentuan sholat.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan II  ( 15 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku  Pendidikan Agama Islam SDKelas IV
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
    a.   Guru dan siswa bertanya jawab tentang sunah-sunah sholat.
b.    Guru-siswa berdiskusi tentang sunah-sunah sholat.
c.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan CD tentang sunah-suunah salat.
c.    Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan sunah-sunah salat.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.     Siswa mengamati tayangan CD tentang sunah-sunah salat.
b.    Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok dengan tugas mendiskusikan sunah-suunah sholat.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Petemuan  III  ( 16 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV .
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru-siswa bertanya jawab tentang syarat wajib da syarat syah salat.
b.    Siswa berdiskusi tentang syarat wajib dan syarat syah salat.
c.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan CD tentang syarat wajib dan syarat syah salat.
c.    Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan syrat wajib salat.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Siswa mengamati tayangan CD tentang syrat wjib dan syarat syah salat.
b.    Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok dengan tugas mendiskusikan tentang sysrat wajib dan syarat syah sholat.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

Pertemuan  IV  ( 17 )
A. Kegiatan Awal
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.    Guru memimpin tadarus bersama selama 5-10 menit dengan membuka Al-Qur’an atau buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV.
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
4.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Eksplorasi
a.    Guru-siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang membatalkan salat.
b.    Guru-siswa berdiskusi tentang hal-hal yang  membatalkan salat.
c.    Guru-siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang membatalkan salat.
d.    Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang membatalkan salat.
e.    Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain.

2. Konsolidasi Pembelajaran
a.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.    Guru menayangkan CD tentang hal-hal yg bisa membataalkan salat.
c.    Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan bataalnya salat.

3. Pembentukan Sikap dan Perilaku
a.    Siswa mengamati tayangan CD tentang hal-hal yang bisa membatalkan  salat.
b.    Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok dengan tugas mendiskusikan tentang hal-hal yang bisa membatalkan  sholat.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2.    Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3.    Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran yang telah dan akan diajarkan.
4.    Guru menutup atau mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa untuk membaca hamdalah atau doa bersama-sama.
5.    Guru mengucap salam dan siswa menjawab dengan serentak.

VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Setiap siswa diminta untuk menyebutkan rukun, sunah, syarat sah, syarat wajib, dan hal-hal yang membatalkan salat.

2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa, sebagaimana tercantum dalam buku  Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV.

3. Tes Perbuatan
a.     Setiap siswa diharapkan dapat mengerjakan semua rukun salat dan sunah salat.
b.    Setiap siswa diharapkan dapat melakukan salat dengan cara yang benar secara rutin setiap hari.
c.    Setiap siswa diharapkan dapat mempraktikkan syarat sah salat dan syarat wajib salat.

Instrumen

1.    Jika salah satu rukun sholat di tinggalkan sholatnya  ?  ..............
2.    Jika salah satu sunah sholat di tinggalakn sholatnya  ?  ………..
3.    Membaca Al Fatihah adalah termasuk   ?  ……………………..
4.    Mengangkat kedua tangan setinggi telinga  disebut  ?  …………….
5.    Sholat diawali dengan ?  ……………………………………….
6.    Salah satu yang membatalkan sholat adalah ?   ………………..
7.    Membaca surat dalam sholat setelah Al Fatihah hukumnya ? …………
8.    Mendirikan sholat adalah rukun islam yang ke  ? ……………………..
9.    Rukun sholat yang terahir adalah  ?  …………………………………..
10.    Duduk tasyahud akhir namanya duduk  ?  …………………………….
Kunci Jawaban

1.    Batal
2.    Syah
3.    Rukun sholat
4.    Takbirotul ihrom
5.    Niat dan takbirotul ihrrom
6.    Makan
7.    Sunah
8.    Dua
9.    Salam
10.    Duduk Tawaruk


Score


        N   =     10   X   100
                                            10




Mengetahui
Kepala SDN ………………………..




……………………………….
NIP. ............................    Pemalang,…………………………….
Guru Pend Agama Islam




……………………………..
NIP. …………………….      
       
                       

0 komentar:

iklan