Selasa, 12 Oktober 2010

peran dan tugas guru

Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama.  Peristiwa belajar mengajar banyak mengakar pada berbagai pandangan dan knsep, perwujudan proses belajar mengajar dapat terjadi dalam beberapa model. Pengertian  proses belajar mengajar dikemukakan oleh Usman (1989:1) bahwa : proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.
Dari pengertian proses belajar mengajar yang telah diuraikan, maka kemudian melahirkan strategi penerapannya.
1.  Peran guru
sehubungan dengan fungsinya sebagai "pengajar", "pendidik" dan "pembimbing", maka diperlukan adanya berbagai preanan pada diri guru.  Dari berbagai kegiatan interaksi belajar mengajar, secara singkat peranan guru yang dikemukakan oleh Sadirman (2005:144) adalah sebagai berikut:
  • informator: sebagai pelaksana cara mengajar informatif laboratorium, studi lapangan dan sumber informasi kegaitan akademik maupun umum.
  • organisator: guru sebagai organisator mengelola kegiatan akademik, silabus dan lain-lain.
  • motivator: guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamisasikan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas), sehingga terjadi dinamika di dalam proses belajar.
  • inisiator: guru sebagai pencetus ide-ide dalam proses belajar.
  • transmitter: dalam kegiatan belajar guru juga akan bertindak selaku penyebar kebijakan pendidikan dan pengetahuan.
  • fasilitator: guru dalam hal ini akan memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar mengajar.
  • mediator: guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar mengajar.
evaluator: guru mempunyai otoritas menilai siswa.
2.  Tugas dan tanggung jawab guru
  • tugas guru sebagai pengajar.  Guru sebagai pengajar lebih menekankan kepada tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran.  Dalam tugas ini guru dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis mengajar, disamping menguasai ilmu atau bahan yang akan diajarkan.
  • tugas guru sebagai pembimbing.  Guru sebagai pembimbing memberikan tekanan kepada tugas, memberikan bantuan kepada siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
  • tugas guru sebagai administrator.  Guru sebagai administrator kelas pada hakekatnya merupakan jalinan anatara ketatalaksanaan bidang pengajaran lebih menonjol dan lebih diutamakan bagi profesi guru.

0 komentar:

iklan