Rencana pelaksanaan pembelajaran
NO.1
Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Numbers
Kelas / Semester : VI / I
1. Standar Kompetensi : - Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
2. Kompetensi Dasar : - Bercakap - cakap untuk meminta / memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : menanyakan jumlah benda “ How many ? “
3. Indikator : - Mengungkapkan tindak tutur ;
Menanyakan jumlah benda
4. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
5. Tujuan Pembelajaran : - Siswa dapat bercakap - cakap untuk menanyakan jumlah benda.
6. Metode Pembelajaran : - Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
- Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
- Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog.
- Siswa menggunakan ungkapan - ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.
7. Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan
- Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
- Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa inggris dan siswa menjawab.
2. Kegiatan Inti
- Guru memberikan contoh dialog - dialog yang berkaitan dengan materi.
- Siswa melengkapi dialog - dialog yang masih kosong dalam buku teks.
- Siswa berlatih dialog - dialog tersebut dengan teman - temannya ( secara berpasangan atau berkelompok ).
- Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan - kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3. Kegiatan Penutup
- Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa ( kesalahan meliputi : pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasa ).
- Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
- Guru meminta beberapa siswa maju kedepan kelas untuk mempraktekan dialog yang baru saja dilatih.
- Guru memberikan komentar dengan mengucapkan “ well done “, “ good job “ atau “ very good “ pada yang berani maju kedepan kelas agar mereka termotivasi.
8. Alat / sumber belajar :
1. Buku teks “ Let’s make friends with english “ jilid 6.
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru.
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar.
4. Buku - buku lain yang berkaitan / yang relevan.
9. Penilaian :
a. Teknik : Tes lisan
b. Bentuk : Pertanyaan
c. Contoh instrument :
Answere the Question orally !
Teacher : What are these ?
Student : These are pencils ?
Teacher : How many are these ?
Student : These are five pencils
a. Teknik : Unjuk kerja
b. Bentuk : Performance
c. Contoh instrument :
Act out the dialogue in front of class !
Student A : Do you have some candie’s ?
Student B : Yes, I have.
Student A : How many candie’s do you have ?
Student B : I have ten candie’s.
Pemalang, Juli 2010
Mengetahui, Guru kelas VI
Kepala sekolah
................ ....................
0 komentar:
Posting Komentar