Rabu, 22 Desember 2010

rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 6

Rencana pelaksanaan pembelajaran
NO.1

Sekolah                 :     .......................................
Mata Pelajaran      :    Bahasa Inggris
Tema                     :    Numbers
Kelas / Semester    :    VI / I

1. Standar Kompetensi     :    -    Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

2. Kompetensi Dasar    :    -    Bercakap - cakap untuk meminta / memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : menanyakan jumlah benda “ How many ? “

3. Indikator    :    -    Mengungkapkan tindak tutur ;
Menanyakan jumlah benda

4. Alokasi Waktu    :    4 x 35 menit

5. Tujuan Pembelajaran    :    -    Siswa dapat bercakap - cakap untuk menanyakan jumlah benda.

6. Metode Pembelajaran    :    -    Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
        -    Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
        -    Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog.
        -    Siswa menggunakan ungkapan - ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.

7. Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran :
    1.    Kegiatan Pendahuluan
        -    Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
        -    Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa inggris dan siswa menjawab.
    2.    Kegiatan Inti
        -    Guru memberikan contoh dialog - dialog yang berkaitan dengan materi.
        -    Siswa melengkapi dialog - dialog yang masih kosong dalam buku teks.
        -    Siswa berlatih dialog - dialog tersebut dengan teman - temannya ( secara berpasangan atau berkelompok ).
        -    Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan - kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
    3.    Kegiatan Penutup
        -    Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa ( kesalahan meliputi : pengucapan,  penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasa ).
        -    Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
        -    Guru meminta beberapa siswa maju kedepan kelas untuk mempraktekan dialog yang baru saja dilatih.
        -    Guru memberikan komentar dengan mengucapkan “ well done “, “ good job “ atau “ very good “ pada yang berani maju kedepan kelas agar mereka termotivasi.

8. Alat / sumber belajar :
    1.    Buku teks “ Let’s make friends with english “ jilid 6.
    2.    Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru.
    3.    Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar.
    4.    Buku - buku lain yang berkaitan / yang relevan.

9. Penilaian :
     a.    Teknik     :     Tes lisan
    b.    Bentuk    :    Pertanyaan
    c.    Contoh instrument :
        Answere the Question orally !
        Teacher    :    What are these ?
        Student    :    These are pencils ?
        Teacher    :    How many are these ?
        Student    :    These are five pencils
    a.    Teknik    :    Unjuk kerja
    b.    Bentuk    :    Performance
    c.    Contoh instrument :
        Act out the dialogue in front of class !
        Student A    :    Do you have some candie’s ?
        Student B    :    Yes, I have.
        Student A    :    How many candie’s do you have ?
        Student B    :    I have ten candie’s.



                                                                             Pemalang, Juli 2010

Mengetahui,                                                           Guru kelas VI
Kepala sekolah






................                                                             ....................

0 komentar:

iklan