Rabu, 22 Desember 2010

rencana pelaksanaan pembelajaran penjaskes Kelas 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN N0.1         
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
Aspek/Ruang Lingkup     :   Permainan dan Olah raga
Kelas /Semester              :   VI/I
Pertemuan ke                  :   I – 2
Alokasi Waktu                :   8 x 35 menit (2 x Pertemuan)

1.Standar Komptensi :Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga  
                                        dengan peraturan yang dimodivikasi, dan nilai-nilai  yang
                                        terkandung di dalamnya.
1.1.Kompetensi Dasar :Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil 
                                       dengan koordinasidan kontrol yang baik dengan peraturan 
                                       yang dimodiviasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan  
                                       kejujuran.
I.Indikator:
1.Mampu lempar tangkap bola kecil berpasangan
2.Mampu memukul bola dengan teknik lambungan tangan bawah
3.Mematikan lawan  yang sedang lari menuju home.
4.Melakukan kerja sama tim dalam permainan baseball
5.Mampu bermain kasti secara sportif.

II.Model Pembelajaran
Kegiatan Guru :
Menyiapkan tempat/lapangan.
Menyiapkan alat – alat olahraga.
Memeriksa alat
Mengabsen siswa, dan memberikan pengarahan

Kegiatan Siswa :
Membantu Guru menyiapkan tempat untuk berolahraga
Membantu menyiapkan alat
Memeriksa alat

III.Skenario Pembelajaran
A.Kegiatan Awal
Anak dibariskan, berdo’a, berhitung dan melakukan pemanasan dengan permainan yang mengarah pada inti pelajaran, contohnya permainan berburu binatang.
B.Kegiatan Inti.
Pertemuan Pertama.
1.Melakukan lempar tangkap bola baseball berpasangan dengan teman.
2.Melakukan gerakan memukul bola dengan berbagai arah.
Pertemuan Kedua
1.Melakukan teknik memukul bola untuk mengembalikan teman
2.Mematikan lawan dengan membakar ruang bebas.
3.Bermain baseball dengan kerja sama tim dan sportivitas.


C.Kegiatan Akhir
Pendinginan, Diabsen ulang, menyanyikan lagu anak – anak untuk penenangan. Anak di bariskan dan berdoa. Merapikan alat –alat.
IV.Sumber Pembelajaran
Sumber : Buku Penjasorkes dari Yudistira, LKS Penjasorkes
V.Alat dan Sarana
 peluit, pemukul, bola, bendera kecil, tali.
VI.Penilaian
a.Prakteki Gerak (Psikomotor)
1.Lakukan lempar tangkap bola dengan teman.
2.Lakukan cara memukul bola dengan benar.
3.Lakukan permainan baseball
b.Penilaian Observasi
1.Siswa aktif mengikuti pembelajaran.
2.Siswa sungguh-sungguh dalam menerima pembelajaran.
3.Siswa bermain dengan sportif.





                                                                          Pemalang, ........................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                               Guru Penjasorkes





......................                                                                   ......................



     

0 komentar:

iklan