Kamis, 23 Desember 2010

rpp Bahasa Indonesia kelas IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 1

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :    IV / I
Waktu    :    8 x 35 menit (3 x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
    1.    Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol denah / lambang korps.

2.    Kompetensi Dasar
    1.1.    Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

3.    Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan I    Mencatat isi petunjuk sesuai yang didengar.
    Pertemuan II    Menjelaskan kembali isi petunjuk.
    Pertemuan III    Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah.

4.    Materi Pembelajaran
    Denah

5.    Metode dan Model Pembelajaran
    -    Metode    :    Ceramah, tugas, tanya jawab, demonstrasi
    -    Model Pembelajaran    :    Kontekstual, pembelajaran langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
    Pertemuan I
    Mencatat isi petunjuk sesuai yang didengar (3 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
-    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus    15 menit    Ceramah, tanya jawab      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari informasi yang seluasnya tentang petunjuk membuat denah
    -    Memberikan pembelajaran dari sumber buku lain.
    -    Melibatkan siswa secara aktif untuk mencatat petunjuk membuat denah
b.    Elaborasi
    -    Membiasakan siswa untuk menulis atau mencatat yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
    -    Pemberian tugas dan lain-lain tentang petunjuk denah untuk memunculkan gagasan baru secara tertulis    65 menit    Ceramah, tanya jawab, tugas      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
        -    Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis
    -    Siswa menyajikan hasil tulisannya secara individu              
    c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan pengarahan dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis
    -    Guru memberikan tugas yang lain untuk memperoleh pengalaman yang bermakna untuk mencapai kompetensi dasar.              
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan tentang materi yang dibicarakan
-    Siswa mengerjakan evaluasi
-    Guru memberikan umpan balik
-    Guru menyampaikan materi yang dipelajari berikutnya    25 menit    Tugas   

Pertemuan II
Menjelaskan kembali isi petunjuk (2 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah lewat :
    Misal :
    Ada beberapa syarat membuat denah. Sebutkan dua saja !
-    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan     15 menit    Ceramah, tanya jawab      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari informasi yang seluasnya tentang denah
    -    Siswa menjelaskan kembali tentang petunjuk yang didengar atau dibaca
b.    Elaborasi
    -    Membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas yang didengarkan atau yang siswa baca.
    -    Siswa menyajikan hasil tulisannya secara individu.
c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa.
    -    Guru memberikan pengarahan dan penguatan
    -    Guru membantu siswa yang mengalami kesulitan
    -    Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang belum berpartisipasi aktif    35 menit    Ceramah, tanya jawab, tugas      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan pelajaran.
-    Siswa melaksanakan evaluasi.
-    Guru memberikan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan.
-    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Tugas   


Pertemuan III
Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah (2 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait materi pelajaran sebelumnya.
    Misal :
    Kita dari arah utara ke kanan, kita menuju ke arah.
-    Menjelaskan kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus    15 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Melibatkan peserta didik tentang tema materi yang akan dipelajari.
    -    Melibatkan peserta didik secara aktif untuk membuat membentuk siswa.
    -    Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran untuk membantu siswa.

b.    Elaborasi
    -    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, untuk memunculkan gagasan baru.
    -    Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas.
    -    Siswa menganalisa hasil tulisannya sendiri.
    -    Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individu.

c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
    -    Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
        60 menit    Tanya jawab, tugas, demonstrasi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan pelajaran.
-    Guru membimbing siswa melaksanakan penilaian.
-    Guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan siswa.
-    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    30 menit    Tugas, demonstrasi   


7.    Sumber Belajar
    1.    Buku Bahasa Indonesia Bahasaku Kelas 4 untuk Sekolah Dasar / MI, halaman 3 dan halaman 15. Penerbit PT. WIDYA DUTA GRAFIKA
    2.    Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SD dan MI, halaman 1-2.    Penerbit Intan Pariwara
    3.    Sarana Media : Denah
    4.    Sumber Bahan Lingkungan

8.    Penilaian
    Pertemuan I

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Siswa dapat mencatat isi petunjuk sesai yang didengar    Tertulis    Jawaban singkat    1.    …. memberikan informasi secara umum isi denah.
2.    Untuk dapat mengetahui letak suatu tempat pada denah, maka kita harus memahami petunjuk ….
3.    Memahami simbol-simbol yang digambarkan pada denah sangat berguna untuk memudahkan ….
4.    Kata-kata yang digunakan untuk memberikan nama tempat dan keterangan harus … dan ….
5.    Kata-kata di, ke dan dari merupakan kata depan yang digunakan pada denah untuk membantuk menemukan letak suatu tempat. Ketiga kata tersebut dapat mendahului kata benda, kata sifat dan kata ….   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    judul denah
arah mata angin
menjelaskan denah
singkat, padat, informatif (pilih dua)
keterangan    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   

Pertemuan II

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Menjelaskan kembali isi petunjuk    Tertulis    Jawaban singkat    Jalan Raya








Keterangan :
1.    Kelas 1    11.    Musholla
2.    Kelas 2    12.    R. Komputer
3.    Kelas 5    13.    K. Mandi WC Siswa
4.    Kelas 6    14.    K. Mandi WC Guru
5.    R. Kantor Guru    15.    Gudang
6.    R. Kepala Sekolah    16.    Rumah Penjaga
7.    R. Laboratorium    17.    Warung Sekolah
8.    R. Agama    18.    Teras Depan
9.    R. Kelas 3    19.    Aula
10.    R. Kelas 4    20.    Tiang Bendera

Lengkapilah
1.    Sekolah Dasar pada denah menghadap ke ….
2.    Ruang yang paling barat adalah ….
3.    Teras depan terletak diantara … dan ….
4.    Ruang yang paling selatan adalah ….
5.    Ruang sebelah timur dari ruang kelas 3 adalah ….   


Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    utara
kelas 1
ruang kantor guru dan ruang kepala sekolah
warung sekolah
ruang kelas 4    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   


Pertemuan III

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Membuat daerah perjalanan dari rumah ke sekolah    Tertulis    Uraian    Buatlah denah perjalanan dari rumahmu ke sekolah dengan benar !   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
    Jawaban disesuaikan dengan keadaan perjalanan rumah siswa masing-masing    A.    Jika jawaban benar sesuai langkah-langkah atau syarat membuat denah, diberi nilai 10.
B.    Jika jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan langkah-langkah atau syarat membuat denah, dinilai 7,5.
C.    Jika jawaban kurang benar dan kurang sesuai dengan langkah-langkah atau syarat membuat denah dinilai 5.   



        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 2

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :    IV / I
Waktu    :    4 x 35 menit (2 x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
    1.    Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol denah / lambang korps.

2.    Kompetensi Dasar
    1.2.    Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps.

3.    Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan I    Mencatat arti simbol daerah / lambang korps
        Menjelaskan kembali arti simbol daerah / lambang korps.   
    Pertemuan II    Menggambar simbol daerah.

4.    Materi Pembelajaran
    Simbol daerah / lambang korps.

5.    Metode dan Model Pembelajaran
    -    Metode    :    Ceramah, tugas, tanya jawab, demonstrasi
    -    Model Pembelajaran    :    Kontekstual (CTL), jigsaw, pembelajaran langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
    Pertemuan I
    -    Mencatat arti simbol daerah / lambang korps
    -    Menjelaskan kembali arti simbol daerah / lambang korps (2 x 35 menit)
    Mencatat isi petunjuk sesuai yang didengar (3 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran yang sudah lewat.
-    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan     10 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari informasi yang seluasnya tentang simbol daerah.
    -    Memberikan pembelajaran dari sumber buku lain.
    -    Siswa menulis / mencatat tentang simbol lambang daerah, misal : simbol daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
b.    Elaborasi
    -    Membiasakan siswa untuk menulis atau mencatat yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.    40 menit    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
        -    Pemberian tugas dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru secara tertulis.
    -    Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis secara individu atau kelompok.
    -    Siswa menyajikan hasil tulisannya secara individu / kelompok              
    c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan pengarahan dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis
    -    Memberikan tugas lain untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.              
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan tentang materi yang dibicarakan
-    Membimbing siswa yang belum lancar dalam penjelasan tentang simbol daerah.
-    Melakukan penilaian.
-    Guru menyampaikan tugas menggambar simbol daerah lain.
-    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    20 menit    Tugas   

Pertemuan II
Menggambar simbol daerah (2 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya.
-    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.    10 menit    Ceramah, tanya jawab      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari pengetahuan tentang simbol daerah / lambang korps.
    -    Melibatkan siswa secara aktif menggambar simbol daerah, misal lambang Provinsi DIY
b.    Elaborasi
    -    Membiasakan siswa untuk dialog, menyampaikan pendapatnya.
    -    Membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
    -    Pemberian tugas dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru.
    -    Siswa membuat gambar simbol daerah / lambang korps secara individu atau kelompok.
c.    Konfirmasi
    -    Memberikan pengarahan dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis    35 menit    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
        -    Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber              
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan tentang materi yang dibicarakan.
-    Guru memberi penilaian kepada siswa.
-    Guru memberikan tugas tentang menggambar lambang korps (lambang paskibra)
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Demonstrasi   


7.    Sumber Belajar
    1.    Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas IV, halaman 21-25,47-48. Penerbit Intan Pariwara
    2.    Sarana Media : Gambar simbol Daerah Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Lambang Korps Koperasi.
    3.    Sumber Bahan Lingkungan


8.    Penilaian
    Pertemuan I

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
1.    Mencatat arti simbol daerah / lambang korps
2.    Menjelaskan kembali arti simbol daerah / lambang korps    Tertulis    Jawaban singkat    1.    Setiap daerah mempunyai simbol-simbol tersebut melambangkan ….
2.    Simbol daerah Provinsi NAD, berbentuk segi lima (kupiah) bermakna ….
3.    Kubah Masjid, Kitab dan Kalam melambangkan ….
4.    Warna putih melambangkan ….
5.    Warna hijau melambangkan ….   


Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    ide (identitas), emosi, keinginan
PANCACITA
keagamaan dan ilmu pengetahuan
kemurnian
kesejahteraan dan kemakmuran    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   



Pertemuan II

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Menggambar simbol daerah    Tertulis    Jawaban singkat    Dari gambar simbol dareah / lambang korps Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah kamu buat, lengkapilan pernyataan berikut !
1.    Kata gilig dalam simbol Daerah Istimewa Yogyakarta berarti ….
2.    Makna Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan gambar ….
3.    Padi dan Kapas sebagai simbol ….
4.    Lingkaran merah putih untuk simbol ….
5.    Makna jiwa yang teguh berjuang dengan gagah berani dilambangkan oleh gambar ….   


Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    silider
gambar bintang emas
keadilan sosial atau kesejahteraan
kebangsaan
tugu tegak lurus    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   




        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 3

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :    IV / I
Waktu    :    8 x 35 menit (3 x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
    2.    Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan alat.

2.    Kompetensi Dasar
    2.1.    Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.

3.    Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan I    Mencatat ciri-ciri bagian tempat di kecamatan
    Pertemuan II    Menjelaskan letak suatu tempat sesuai dengan ciri-ciri pada denah.
    Pertemuan III    Membuat gambar letak sekolah di lingkungan kelurahan

4.    Materi Pembelajaran
    Obyek di lingkungan keluruhan / kecamatan

5.    Metode dan Model Pembelajaran
    -    Metode    :    Ceramah, tugas, tanya jawab, diskusi, demonstrasi
    -    Model Pembelajaran    :    Kontekstual (CTL), jigsaw, pembelajaran langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
    Pertemuan I
    Mencatat ciri-ciri bagian tempat di kecamatan (3 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa sebelum masuk kedalam ruangan kelas
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran yang sudah lewat.
-    Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.    15 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari gambar tentang lingkungan kecamatan daerah sebagai pengetahuan.
    -    Masing-masing siswa menjelaskan hasil tulisannya dan pengamatan tentang denah kecamatan.
    -    Melibatkan siswa dalam menulis denah lingkungan kecamatan.
b.    Elaborasi
    -    Membiasakan siswa menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu.
    -    Siswa meneliti hasil tulisannya sendiri tentang denah kecamatan.
    -    Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis secara individu atau kelompok.    65 menit    Ceramah, tanya jawab, diskusi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
    c.    Konfirmasi
    -    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
    -    Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.              
3.    Kegiatan Penutup
-    Siswa membuat rangkuman materi atau tema yang sudah ditulis.
-    Melakukan penilaian atau evaluasi tentang bagian tempat di kecamatan.    25 menit    Tugas   

Pertemuan II
Menjelaskan letak-letak suatu tempat sesuai dengan ciri-ciri denah (2 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengabsen siswa sebelum pelajaran dimulai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus    15 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari pengetahuan tentang petunjuk daerah.
    -    Masing-masing siswa maju kedepan untuk menerangan petunjuk denah.
    -    Melibatkan siswa secara aktif dalam materi atau tema.
b.    Elaborasi
    -    Membiasakan siswa untuk menyampaikan pikirannya, dialog di depan kelas.
    -    Siswa diberi tugas diskusi tentang apa yang dibicarakan tentang materi atau denah.
    -    Siswa berkompetensi secara sehat untuk  meningkatkan prestasi belajar dalam berbicara.
c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan penguatan dalam bentuk lisan atau tertulis tentang petunjuk denah yang sedang dibahas.
    -    Memberikan informasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
    -    Membantu siswa yang belum memahami apa yang dibahas atau yang dibicarakan.    35 menit    Ceramah, tanya jawab, diskusi      
3.    Kegiatan Penutup
-    Siswa membuat rangkuman tentang topik dan tema yang dibicarakan.
-    Membimbing siswa yang belum lancar dalam berbicara.
-    Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan berbicara yang sudah dilakukan.    20 menit    Tugas   
Pertemuan III
Membuat gambar letak sekolah di lingkungan kelurahan (2 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Melakukan tanya jawab terkait materi pelajaran sebelumnya.
-    Menjelaskan kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus    15 menit    Ceramah, tanya jawab      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Melibatkan peserta didik tentang tema materi yang akan dipelajari.
    -    Melibatkan peserta didik secara aktif untuk membuat gambar letak sekolah di lingkungan kelurahan.
    -    Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran untuk membantu siswa.
b.    Elaborasi
    -    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, untuk memunculkan gagasan baru.
    -    Membiasakan peserta didik membaca dan menulis / mencatat yang beragam melalui tugas-tugas.
    -    Peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis.
c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
    -    Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan    65 menit    Tanya jawab, tugas, demonstrasi      
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan pelajaran.
-    Guru membimbing siswa melaksanakan penilaian
-    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Tugas   


7.    Sumber Belajar
    1.    Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas IV, halaman 65-68. Penerbit Intan Pariwara
    2.    Sarana Media : Denah Kecamatan
    3.    Sumber Bahan Lingkungan





8.    Penilaian
    Pertemuan I

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Mencatat ciri-ciri bagian tempat di kecamatan    Tertulis    Uraian    Berdasarkan bacaan “Berkunjung ke Kantor Kecamatan” Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia, halaman 66, ada bagian-bagian tempat di Kecamatan Bugisan.
Tuliskan lima tempat saja !   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.
6.    Kantor Urusan Agama (KUA)
Loket pembuatan KTA
Loket mengurus izin mendirikan bangunan
Loket pembuatan kartu keluarga
Loket mengurus sertifikat tanah
Tempat parkir dan sebagainya
(Jawaban lima saja)    Jawaban tiap nomor dan benar di nilai 2
Jawaban tiap nomor salah dinilai 0      
    Jumlah Skor Maksimal    10   

Pertemuan II

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Menjelaskan letak suatu tempat sesuai dengan ciri-ciri pada denah    Tertulis    Jawaban singkat     Jalan Nyiur










Lengkapilah !
1.    SD Harapan berada  di sebelah … rumah Anti.
2.    Pasar berada di sebelah …. KUD
3.    Jalan yang dilalui Anti menuju ke Apotek adalah ….
4.    Kantor Pos terletak di jalan ….
5.    Jika Anti berjalan dari Jalan Mawar ke kanan, maka Anti menjumpai tempat….   


Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    selatan
barat
Jl. Nyiur, Jl. Mawar, Jl. Melati
jalan melati
Kantor Pos dan SD Harapan     2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   

Pertemuan III

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Membuat gambar letak sekolah di lingkungan kelurahan    Tertulis    Uraian    Buatlah gambar sekolah yang terdapat di lingkungan kelurahamu !   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
    Jawaban disesuaikan dengan keadaan sekolah di lingkungan kelurahan masing-masing siswa    A.    Jika jawaban siswa benar dinilai 10.
B.    Jika jawaban kurang lengkap tetapi benar, dinilai 7,5
C.    Jika jawaban tidak benar dan kurang lengkap dinilai 5   



        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 4

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :    IV / I
Waktu    :    4 x 35 menit (2 x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
    2.    Mendekripsikan secara lisan tempat sesuat denah dari petunjuk penggunaan alat.

2.    Kompetensi Dasar
    2.2.    Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.    Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan I    Membaca petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya
    Pertemuan II    Menjelaskan secara rinci petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya disertai peragaan dengan bahasa.

4.    Materi Pembelajaran
    Petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya.

5.    Metode dan Model Pembelajaran
    -    Metode    :    Ceramah, tugas, tanya jawab
    -    Model Pembelajaran    :    Pembelajaran langsung (direct learning)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
    Pertemuan I
    Membaca petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya (2 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran yang berkualitas.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus    10 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa mencari sebuah alat yang ditugaskan guru untuk contoh dalam pembelajaran.
    -    Guru menyiapkan alat peraga bahan evaluasi pertimbangan dalam KBM
b.    Elaborasi
    -    Setelah membaca siswa menemukan contoh lain yang ada dalam bacaan.
    -    Siswa membacakan dan memperagakan temuannya di depan teman-teman.
c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan tambahan keterangan pada produk siswa yang belum tepat.
    -    Guru memberikan acuan jempol kepada siswa yang berhasil atau pujian.
    35 menit    Ceramah, tanya jawab, tugas      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
3.    Kegiatan Penutup
-    Guru membuat simpulan dari hasil produk para siswa.
-    Guru memberikan penjelasan tentang pengunaan suatu alat.
-    Guru memberi penilaian hasil kerja hasil siswa.    25 menit    Tugas   

Pertemuan II
Menjelaskan secara rinci petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya disertai peragaan dengan bahasa (2 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Guru menanyakan materi kegiatan sebelumnya yang berkaitan dengan petunjuk penggunaan suatu alat dan sejenisnya.
-    Guru menerangkan materi yang akan dipelajari dengan menggunakan media buku dan alat peraga    10 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Guru melibatkan siswa untuk mencari keterangan petunjuk penggunaan suatu alat dan sejenisnya.
    -    Guru berceramah di depan siswa dengan penjelasan petunjuk penggunaan suatu alat dan sejenisnya.
b.    Elaborasi
    -    Siswa menjelaskan secara rinci petunjuk penggunaan suatu alat dan sejenisnya dengan bahasa yang benar dan dapat dipahami teman-temannya.
c.    Konfirmasi
    -    Guru memberikan masukan kepada siswa untuk menguatkan hasil diskusi yang di dapat.
    -    Guru memberikan pujian setelah siswa dapat menunjukkan produknya.    35 menit    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi      
3.    Kegiatan Penutup
-    Merangkum dan membandingkan penjelasan penjelasan siswa dalam satu kelas dan memberikan penilaian.    25 menit    Tugas   


7.    Sumber Belajar
    1.    Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas IV, halaman 28-30. Penerbit Intan Pariwara
    2.    Buku-buku yang relevan.
    3.    Sarana Media : Buku / lembar / label petunjuk penggunaan alat
    4.    Sumber Bahan Lingkungan





8.    Penilaian
    Pertemuan I

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Membaca petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya    Tertulis    Jawaban singkat    1.    Untuk menghidupkan televisi, dengan menakan tombol ….
2.    Untuk memilih channel atau stasiun televisi yang disukai dengan menekan salah satu tombol yang berupa ….
3.    Untuk mematikan televisi, dengan menekan tombol ….
4.    Apabila ingin membuat ruangan dingin, pada alat AC, tekan tombol ….
5.    Guna seterika …..   


Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    on
angka-angka
off
(–)
Merapikan / melicinkan pakaian    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   

Pertemuan II

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Menjelaskan secara rinci petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya disertai peragaan dengan bahasa    Tertulis    Uraian    Bagaimana cara menggunakan seterika listrik ? Jelaskan !   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.    Untuk menggunakan seterika, pertama tancapkan steker pada stop kontak. Kemudian putarlah tombol pengatur panas sesuai dengan baju yang akan diseterika. Jika sudah selesai, putarlah tombol pengatur panas ke posisi minimal atau Off. Terakhir, cabut steker dari stop kontak    a.    Jika jawaban benar dan lengkap dinilai 10
b.    Jika jawaban kurang benar dinilai 7,5
c.    Jika jawaban tidak benar dinilai 5.   

        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 5

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Kelas /Semester     :    IV / I
Waktu     :    8 x 35 Menit (3x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
3.    Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk, pemakaian, makna kata dalam kamus / ensiklopedi.

2.    Kompetensi Dasar
3.1     Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150 – 200 kata) dengan cara membaca sekilas.

3.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I     :    •    Membaca beragam teks agak panjang 150-200 kata dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks sehingga dapat dipahami orang lain.
•    Mencatat pikiran pokok tiap paragraf
Pertemuan II    :    •    mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi teks.
        •    menjawab pertanyaan tentang isi teks
Pertemuaan III     :    •    menjelaskan isi teks dengan intonasi yang sesuai
        •    menyimpulkan isi teks bacaan

4.    Materi Pembelajaran
Teks agak panjang 150-200 kata

5.    Metode dan Model Pembelajaran
Metode     :    ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, demonstrasi
Model Pembelajaran     :    kontektul (CTL), jigsaw, pembelajaran langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
·    Membaca beragam teks agak panjang 150-200 kata dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks sehingga dapat dipahami orang lain.
·    Mencatat pikiran pokok tiap paragraf

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.







2.




















3.
    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Menyiapkan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa mencari bacaan dengan panjang 150-200 kata. Misal “teresesat di pameran”, buku panduan pendidik Bahasa Indonesia.
-    Siswa membaca bacaan tersesat di pameran dalam hati sesuai intonasi
-    Siswa mencatat pikiran pokok tiap paragraf.
b.    Elaborasi
-    Membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas.
-    Memberi kesempatan siswa membaca teks dengan intonasi yang benar.
-    Siswa lain mendengarkan bacaan yang dibacakan.
-    Siswa mencatat pkiran pokok tiap paragraf sesuai yang didengar secara kelompok.
c.    Konfirmasi
-    Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses pembelajaran
-    Guru membantu permasalahan cara membaca dengan intonasi benar.

Penutup
-    Guru bersama siswa membuat simpulan pelajaran
-    Melakukan penilaian secara terprogram
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
   
15 menit







65 menit



















25 menit    
Ceramah







Tugas, demonstrasi, tanya jawab

















Tugas    

Pertemuan II
·    Mengajukan pertanyaan sesuai isi teks
·    Menjawab pertanyaan tentang isi teks

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.







2.
























3.
    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Menyiapkan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai
-    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa dapat menggunakan bacaan lain untuk media pembelajaran.
-    Siswa secara aktif membaca bacaan, misal “kereta api” buku Bahasa Indonesia Bahasaku, halaman 40-41.
-    Siswa mengajukan pertanyaan sesuai isi teks.
-    Siswa menjawab pertanyaan teks bacaan.

b.    Elaborasi
-    Membiasakan siswa mengerjakan tugas
-    Siswa diberi tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru.
-    Siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-    Siswa menyajikan hasil kerja secara kelompok.


c.    Konfirmasi
-    Guru memberi umpan balik terhadap materi pembelajaran.
-    Guru membantu siswa yang belum memahami bacaan.
-    Guru memberikan motivasi kepada siswa.


Penutup
-    Melakukan refleksi terhadap kegiatan membaca yang sudah dilaksanakan.
-    Melakukan penilaian secara terprogram
-    Membimbing siswa yang belum lancar membaca
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    
10 menit







35 menit























25 menit    
Ceramah







Tanya jawab, Tugas, Diskusi






















Tugas    

Pertemuan III
·    Menjelaskan isi teks dengan intonasi yang sesuai
·    Menyimpulkan isi teks bacaan

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.







2.



























3.
    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Menyiapkan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai
-    Menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaran sebelumnya.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa aktif membaca bacaan yang ditentukan atau dipilihnya.
-    Guru menggunakan media lain untuk perbandingan membaca.
-    Siswa menjelaskan isi teks yang telah dibaca dengan intonasi yang benar.
-    Siswa menyimpulkan isi teks bacaan.

b.    Elaborasi
-    Membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas.
-    Memberi kesempatan siswa untuk maju menjelaskan isi teks bacaan dengan intonasi benar. 
-    Memberi kesempatan siswa untuk menyimpulkan isi teks bacaan.

d.    Konfirmasi
-    Memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tulisan terhadap keberhasilan peserta didik.
-    Melakukan refleksi utnuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-    Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.
-    Memberi tugas lain.
-    Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi.

Penutup
-    Bersama peserta didik membuat simpulan pelajaran
-    Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
   
15 menit







65 menit


























25 menit    
Ceramah







Tugas, demonstrasi, tanya jawab
























Tugas    

7.    Sumber Belajar
1.    Buku panduan pendidik BAHASA INDONESIA untuk SD dan MI kelas IV. Intan Pariwara, Halaman 7-9.
2.    Buku Bahasa Indonesia Bahasaku Kelas 4 untuk SD/MI, PT. WIDYA DUTA GRAFIKA, halaman 40-41.
3.    Sarana Media : Buku bacaan lain.
4.    Sumber Bahan : Lingkungan.

8.    Penilaian
Pertemuan I

Indikator Penilaian    Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
Mencatat pikiran pokok tiap paragraf     Tertulis    Uraian    Tersesat Di Pameran
Libur akhir pekan aku berkunjung ke rumah Bibi Lusi. Rumah Bibi Lusi berada di desa. Desa tersebut terkenal dengan hasil-hasil pertanian. Kebetulan waktu itu sedang diadakan pameran hasil-hasil pertanian.
Pameran hasil-hasil pertanian diikuti oleh hampir semua perwakilan daerah pertanian di wilayah tersebut.
……………………………………………….. (bacaan di buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia, Intan pariwara, halaman 7)

Diskusikan dengan temanmu pikiran pokok tiap paragraf dalam bacaan tersebut.    

Kunci jawaban

No     Jawaban     Skor nilai       
1.
2.
3.
4.
5.    Paragraf 1 : Ayunindia mengunjungi rumah Bibi Lusi
Paragraf 2 : Ayunindia mengunjungi pameran hasil-hasil pertemuan
Paragraf 3 : Ayunindia menikmati hasil pertanian modern.
Paragraf 4 : Ayunindia bingung mencari Bibi Lusi
Paragraf 5 : Ayunindia menemukan Bibi Lusi     2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10    
   
Pertemuan II

Indikator Penilaian    Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Mengajukan pertanyaan sesuai teks.

·    Menjawab pertanyaan tentang isi teks     Tertulis    Uraian    Tunta alat musik dari Sulawesi Selatan. Alat musik ini berupa potongan batang bambu. Batang bambu yang sudah dilubangi ruas-ruasnya (kecuali bagian bawah) ini jika dihentak-hentakan akan mengeluarkan bunyi yang enak didengar.
Nada yang dihasilkan tergantung dari ukuran bambu, baik ketebalan maupun panjangnya.
A.    Buatlah dua pertanyaan sesuai teks diatas!
B.    Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.    Alat musik apa yang dibahas pada bacaan di atas?
2.    Dari manakah asal musik tersebut?
3.    Bahan apa yang digunakan untuk membuat alat musik tersebut?    

Kunci jawaban

No     Jawaban     Skor nilai       
A.




B.    Jawaban no.1 dan 2 bisa berbeda. Misal :
1.    Dengan cara bagaimana alat musik tersebut mengeluarkan bunyi yang enak di dengar?
2.    Nada yang dihasilkan alat tersebut tergantung dari apa ?

1.    Alat musik yang dibahas yaitu Tunta.
2.    Alat musik tersebut berasal dari Sulawesi Selatan.
3.    Alat musik tersebut terbuat dari potongan batang bambu.    
2

2

2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10    
   
Pertemuan III

Indikator Penilaian    Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
Menyimpulkan isi teks bacaan     Tertulis    Uraian    Sudah sejak lama masyarakat Indonesia memiliki keanekaragaman sumber pangan selain beras. Misalya, sagu makanan pokok masyarakat maluku dan sekitarnya, jagung makanan pokok masyarakat madura, serta singkong, talas dan sederet bahan pangan lain sebagai makanan pokok bagi sekelompok suku bangsa tertentu. Ubi jalar juga termasuk sumber pangan masyarakat indonesia. 

Simpulkan isi teks pada paragraf di atas!    

Kunci jawaban

No     Jawaban     Skor nilai       
1.    Sumber pangan masyarakat Indonesia beragam.    a.    Jika jawaban benar dinilai 10
b.    Jika jawaban kurang benar, dinilai 7,5
c.    Jika jawaban salah dinilai 5    
   
        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 6

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Kelas /Semester     :    IV / I
Waktu     :    5 x 35 Menit (2 x Pertemuan)

1.    Standar Kompetensi
3.    Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk, pemakaian, makna kata dalam kamus / ensiklopedi.

2.    Kompetensi Dasar
3.2    Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

3.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I     :    •    Membaca petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
•    Menjelaskan urutan penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya. 
Pertemuan II    :    •    Menuliskan urutan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
        •    Melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya. 

4.    Materi Pembelajaran
Petunjuk Pemakaian 

5.    Metode dan Model Pembelajaran
Metode     :    ceramah, tanya jawab, tugas
Model Pembelajaran     :    kontektul (CTL), pembelajaran langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
·    Membaca petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
·    Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya. 

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.






2.























3.
    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang menggaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa menunjukkan contoh benda penggunaan obat, alat rumah tangga yang sudah ditugaskan guru sebelumnya.
-    Guru menjelaskan atau bercerita tentang petunjuk penggunaan obat atau alat rumah tangga.
-    Anak membaca petunjuk penggunaan obat atau alat rumah tangga yang dibawanya.
b.    Elaborasi
-    Siswa diberi kesempatan membaca penggunaan obat atau alat milik teman.
-    Siswa diberi kesempatan memahami maksud petunjuk penggunaan obat atau alat rumah tangga.
-    Siswa menjelaskan contoh penggunaan obat atau alat rumah tangga yang dibacanya.
c.    Konfirmasi
-    Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tulisan terhadap keberhasilan peserta didik.
-    Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-    Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif.

Penutup
-    Bersama peserta siswa membuat simpulan pelajaran.
-    Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
   
15 menit







65 menit






















25 menit    
Ceramah







Ceramah, Tanya jawab, tugas




















Tugas    

Pertemuan II
·    Menuliskan tentang petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya. 
·    Melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.




2.




















3.
    Pendahuluan
-    Guru bercerita pengalaman pribadi untuk menarik perhatian siswa tentang petunjuk pemakaian suatu alat dengan diselingi pertanyaan kepada siswa.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Guru memberikan sebuah gambaran tentang petunjuk penggunaan kemasan susu coklat “SEGAR”, sehingga siswa dapat berimajinasi untuk menemukan sebuah gagasan tentang petunjuk pemakaian suatu produk atau lainnya.

b.    Elaborasi
-    Dengan imajinasi siswa menuliskan segala gagasannya tentang petunjuk penggunaan suatu alat tanpa melihat contoh.
-    Membiasakan peserta didik melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan obat, suatu produk dan sebagainya.

c.    Konfirmasi
-    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, isyarat terhadap keberhasilan peserta didik.
-    Membantu menyelesaikan masalah.
-    Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.

Penutup
-    Guru menyimpulkan dari berbagai temuan siswa dalam menulis petunjuk penggunaan obat, produk atau lainnya.
-    Guru memberi saran kepada peserta didik dalam menyusun tulisan tentang petunjuk pemakaian obat, produk dan sebagainya.
-    Melaksanakan penilaian secara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    
10 menit




35 menit




















20 menit    
Ceramah




Tanya jawab, Tugas



















Tugas    

7.    Sumber Belajar
1.    Buku Bahasa Indonesia Bahasaku Kelas 4 untuk Sekolah Dasar/MI, penerbit PT. WIDYA DUTA GRAFIKA, halaman 5-16.
2.    Buku panduan pendidik BAHASA INDONESIA untuk SD dan MI kelas IV. Intan Pariwara, Halaman 51-54.
3.    Sarana Media : contoh label, kemasan obat, susu dancow dan sebagainya yang relevan. 
4.    Sumber Bahan : Lingkungan.

8.    Penilaian
Pertemuan I

Indikator Penilaian    Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Membaca petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
·    Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.     Tertulis    Uraian    Petunjuk yang ada di Buku Bahasa Indonesia Bahasaku kelas 4, halaman 16.
1.    Jelaskan cara penyajian susu coklat “SEGAR” !
2.    Bagaimana cara penggunaan susu coklat “SEGAR” ? Jelaskan !
   

Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor nilai       
1.









2.
    Cara penyajian susu coklat “SEGAR” sebagai berikut :
a.    Untuk memperoleh susu coklat “SEGAR” yang lezat masukkan tiga sendok makan ke dalam segelas air matang.
b.    Aduklah agar tidak mengkristal.
c.    Untuk memperoleh susu coklat “SEGAR” yang lebih lezat dan sempurna gizinya, tambahkan satu sendok lagi. Diminum dalam keadaan dingin akan terasa lebih segar.

a.    Sangat dianjurkan minum susu coklat “SEGAR” sekurang-kurangnya dua gelas sehari.
b.    Kemasan disimpan dalam keadaan tertutup.
c.    Susu coklat “SEGAR” digunakan sebelum tanggal yang tertera pada cap segel.     a.    Jika jawaban lengkap dan benar dinilai 10.
b.    Jika jawaban kurang lengkap tetapi benar dinilai 7,5.
c.    Jika jawaban kurang lengkap dan kurang benar dinilai 5.   
   
Pertemuan II

Indikator Penilaian    Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Menuliskan tentang petunjuk penggunaan obat, pupuk dan sebagainya.
·    Melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.     Tertulis    Uraian    1.    Apa yang kamu lakukan sebelum minum obat ?
2.    Apa yang kamu lakukan jika ada aturan pemakaian obat :
Dewasa     :    3x sehari 1-2 tablet
Anak-anak     :    3x sehari ½-1 tablet
Diberikan setelah makan   

Kunci jawaban

No     Jawaban     Skor nilai       
1.


2.    Saya akan makan terlebih dahulu sebelum minum obat.

Saya harus minum obat sehari 3 kali.
Setiap kali minum 1 tablet. Saya minum sesudah makan.     a.    Jika jawaban benar dan lengkap dinilai 10.
b.    Jika jawaban kurang lengkap dinilai 7,5.
c.    Jika jawaban kurang lengkap dan kurang benar dinilai 5.
   
   

        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 7

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :    IV / I
Waktu     :    8 x 35 Menit (3x Pertemuan)

1.    Standar Kompetensi
3.    Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk, pemakaian, makna kata dalam kamus / ensiklopedi.

2.    Kompetensi Dasar
3.3    Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca memindai.

3.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I     :    •    Mengidentifikasi kata sulit dari bacaan
Pertemuan II    :    •    Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata.
        •    mencatat arti dari kata-kata sulit.
Pertemuan III    :    •    Membuat kalimat menggunakan kata-kata yang sulit.

4.    Materi Pembelajaran
Penggunaan kamus / ensiklopedia

5.    Metode dan Model Pembelajaran
Metode     :    Ceramah, tanya jawab, tugas
Model Pembelajaran     :    Kontektul (CTL), Pembelajaran Langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Mengidentifikasi kata sulit dari bacaan (2 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.








2.

















3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
-    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa diajak untuk memperhatikan dan mendengarkan cara membaca dengan benar.
-    Secara klasikal, siswa membaca teks bacaan tentang “Menggunakan Kompor Gas”. 
b.    Elaborasi
-    Guru bertanya kepada peserta didik tentang beberapa kata sulit dalam bacaan.
-    Memberi kesempatan peserta didik mengidentifikasi kata-kata sulit dalam bacaan “Menggunakan Kompor Gas”.
c.    Konfirmasi
-    Siswa menjawab pertanyaan guru.
-    Memberi tanggapan dan penilaian kepada peserta didik.
-    Memberi penjelasan yang lebih detail sesuai materi.
-    Memberi motivasi kepada peserta didik yang belum aktif.

Kegiatan Penutup
-    Guru dan siswa menyimpulkan materi.
-    Melaksanakan penilaian secara terprogram.
-    Guru memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
   
15 menit







35 menit

















25 menit    
Ceramah







Ceramah, Tanya jawab, tugas















Tugas    

Pertemuan II
·    Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata.
·    Mencatat arti dari kat-kata sulit.

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.










2.






















3.
    Kegiatan Pendahuluan
a.    Apersepsi
-    Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa tentang arti kata.
b.    Motivasi
-    Guru memberi pujian kepada peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan.
c.    Informasi
-    Guru menyampaikan tujuan dan ruang lingkup materi pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa diajak untuk memperhatikan dan mendengarkan penjelasan materi yang diajarkan.
-    Siswa diberi kesempatan bertanya tentang membaca kamus sesuai langkah-langkah untuk mencari arti kata.

b.    Elaborasi
-    Guru menyuruh siswa berkelompok sesuai kelompok belajar.
-    Secara berkelompok, siswa membaca kamus untuk mencari makna kata sulit yang diperoleh dari bacaan.
-    Guru mengamati dan membimbing keaktifan siswa dalam kerja kelompok.
-    Melalui wakilnya, tiap kelompok melaporkan hasil diskusi.
-    Secara klasikal siswa lain menanggapinya.

c.    Konfirmasi
-    Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi.
-    Memberi kesempatan kepada siswa yang belum jelas untuk bertanya.

Kegiatan Penutup
-    Siswa mencatat arti dari kata-kata sulit.
-    Guru melakukan penilaian secara terprogram.
-    Guru melakukan tindak lanjut.     
10 menit










65 menit






















25 menit    
Ceramah










Tugas, Diskusi






















Tugas    

Pertemuan III
·    Membuat kalimat menggunakan kata-kata yang sulit (3 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.





2.























3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
-    Mengajukan pertanyaan tentang arti dari kata-kata sulit.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Peserta membaca bacaan yang sudah disiapkan.
-    Peserta didik untuk mengidentifikasi kata-kata sulit dalam bacaan.
-    Bersama siswa, mencari makna yang terkandung dalam kata-kata sukar yang telah terdaftar.

b.    Elaborasi
-    Secara berkelompok, siswa membuat kalimat dari kata-kata sulit yang telah didaftar.
-    Guru membimbing siswa membuat kalimat dari kata-kata sulit.
-    Memberi kesempatan wakil dari kelompok untuk melaporkan secara lisan maupun tulisan.

c.    Konfirmasi
-    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan.
-    Memberi kesempatan kepada siswa yang belum jelas untuk bertanya.
-    Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum perpartisipasi.

Kegiatan Penutup
-    Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-    Memberikan tugas secara individual sebagai kegiatan tindak lanjut.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    
10 menit






65 menit






















25 menit    
Ceramah






Tanya jawab, Tugas, Diskusi





















Tugas    

7.    Sumber Belajar
1.    Buku panduan pendidik BAHASA INDONESIA untuk SD dan MI kelas IV. Intan Pariwara, Halaman 32-33 dann halaman 62-63.
2.    Kamus Besar Bahasa Indonesia.
3.    Teks bacaan yang relevan.
4.    Buku Bahasa Indonesia Bahasaku Kelas 4 untuk Sekolah Dasar/MI, penerbit PT. WIDYA DUTA GRAFIKA, halaman 7.
8.    Penilaian
Pertemuan I

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Mengidentifikasi kata sulit dari bacaan     Tertulis    Jawaban singkat     1.    Bacalah sebuah teks bacaan !
2.    Tulislah lima kata sulit yang kamu temuka dalam bacaan tersebut !   


Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian        
    Catatan :
Jawaban anak dapat bervariasi, tergantung kata sulit yang ditentukan siswa dalam bacaan.     -    Setiap soal atau nomor    dinilai 2.
-    Skor maksimal : 10    
   

Pertemuan II

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata.
·    Mencatat arti dari kata-kata sulit.    Tertulis    Uraian    Bukalah kamusmu ! catatlah arti dari kata-kata sulit berikut ini !
1.    Bank
2.    Formulir
3.    Kasir
4.    Tabungan
5.    Hemat    

Kunci jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian      
1.

2.

3.
4.
5.
    Bank : lembaga atau perusahaan yang menangani perputaran uang dengan sirkulasi bunga tertentu.
Formulir : surat isian
Kasir : pemegang kas (uang), orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang.
Tabungan : simpanan
Hemat : irit, sangat berhati-hati dalam setiap mengeluarkan / membelanjakan uang, tidak boros.    2

2

2
2
2
      
    Jumlah Skor Maksimal    10   
   
Pertemuan III

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
Membuat kalimat menggunakan kata-kata yang sulit.     Tertulis    Uraian    Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut ini !
1.    Bank
2.    Formulir
3.    Kasir
4.    Tabungan
5.    Hemat    

Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian      


1.
2.
3.
4.
5.
    Keterangan : Jawaban anak bisa berbeda.
Misal :
Ayah dan ibu pergi ke Bank.
Setiba dibank ayah langsung mengambil formulir.
Ayah segera menuju ke kasir.
Tabungan uang Andi sudah cukup banyak.
Kita harus hemat.    

2
2
2
2
2
      
    Jumlah Skor Maksimal    10   
   

        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 8

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Kelas /Semester     :    IV / I
Waktu     :    5 x 35 Menit (2x Pertemuan)

1.    Standar Kompetensi
4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat.

2.    Kompetensi Dasar
4.1    Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda petik)

3.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I     :    •    Menentukan isi percakapan
        •    melengkapi percakapan yang belum selesai dengan menggunakan ejaan yang tepat.
Pertemuan II    :    •    Membaca percakapan secara berpasangan / kelompok.
        •    Memperagakan percakapan di depan kelas secara berpasangan / kelompok.

4.    Materi Pembelajaran
Teks percakapan yang belum selesai.

5.    Metode dan Model Pembelajaran
Metode     :    Ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, demonstrasi.
Model Pembelajaran     :    Cooperatif Learning.

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
·    Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan menggunakan ejaan yang tepat (2x35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.






2.














3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Memusatkan perhatian peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan materi pembelajaran.
-    Menyampaikan tujua pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa mencari informasi yang seluasnya tentang teks percakapan.
-    Memberikan pembelajaran yang seluasnya dari sumber buku lain.

b.    Elaborasi
-    Siswa membacakan hasil diskusi didepan kelas tentang percakapan yang sudah dilengkapinya.
c.    Konfirmasi
-    Guru memberi tanggapan, penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa.
-    Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
-    Melakukan penilaian secara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    
10 menit






35 menit













25 menit    
Ceramah






Tanya jawab, Tugas, Diskusi












Tugas    

Pertemuan II
·    Membaca percakapan secara berpasangan / kelompok.
·    Memperagakan percakapan di depan kelas secara berpasangan / kelompok (3x35 menit).

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.






2.


















3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran siswa.
-    Menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa mencari teks percakapan.
-    Secara berkelompok (tiga orang anak) membaca teks percakapan.
-    Membantu siswa yang mengalami kesulitan.

b.    Elaborasi
-    Memberi kesempatan siswa menulis teks percakapan.
-    Memberi kesempatan terlatih untuk memperagakan teks percakapan.
Bersama kelompoknya, siswa memperagakan percakapan di depan kelas.

c.    Konfirmasi
-    Memberikan tanggapan, penilaian atas peragaan siswa.
-    Memberikan motivasi, membantu peserta didik yang belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
-    Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran.
-    Melakukan penilaian secara terprogram.
-    Memberikan tugas dengan teks percakapan lain.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.     
15 menit






65 menit

















25 menit    
Ceramah






Tanya jawab, Tugas, Demonstrasi















Tugas    


7.    Sumber Belajar
1.    Buku panduan pendidik BAHASA INDONESIA untuk SD dan MI. Kelas IV. Intan Pariwara, Halaman 10-11.
2.    Teks percakapan yang relevan.
3.    Sumber Bahan Lingkungan.

8.    Penilaian
Pertemuan I

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan menggunakan ejaan yang tepat     Tertulis    Jawaban singkat     Lengkapilah percakapan di bawah ini dengan kata yang tepat !
Perhatikan penggunaan ejaan !
Intan     :    “Permisi, selamat sore!”
Ibu Dini     :    ……(1), Eee kamu, Intan.
        Mari, silahkan masuk.”
Intan     :    “Dini ada, Bu?”
Ibu Dini     :    “Ada, dia ada dikamarnya.        Masuk saja!”
(Intang menuju kamar Dini)
Intang     :    “Hai Dini…….(2) tidak masuk sekolah tadi?”
Dini     :    “Iya, aku tidak masuk. Sepulang sekolah kemarin, badanku panas.”
Intan     :    “Kamu sudah …….(3)?”
Dini     :    “Sudah, tadi siang sehabis makan.”
Intan     :    “Ya, sudah, Dini. Supaya kamu beristirahat aku…….(4). Semoga kamu lekas sembuh.
Dini     :    “Terima kasih, ya! Sudah menjengukku.”
Intan     :    “………(5).”
Dini     :    “Selamat sore.”   

Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian        
1.
2.
3.
4.
5.    Selamat sore
Mengapa
Minum obat
Pamit pulang
Selamat sore     2
2
2
2
2       
    Jumlah Skor Maksimal    10   
   
Pertemuan II

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
Memperagakan percakapan di depan kelas secara berkelompok (3 orang)    Lisan     Demonstrasi    Peragakan percakapan antara Intan, Ibu Dini dan Dini bersama kelompok di depan kelas!   

Kunci Jawaban

No     Jawaban     Nilai     Keterangan       
1.


2.
    Kemampuan / keberanian memerankan tokoh dalam percakapan

Ketepatan melafalkan dan intonasi kalimat sesuai peran yang dibawakan.         Setiap poin, nilai terendah 1 dan tertinggi 5.

Tertinggi 5
Jumlah skor : 10     
   


        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 9

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
Kelas /Semester     :    IV / I
Waktu     :    8 x 35 Menit (3x Pertemuan)

1.    Standar Kompetensi
4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat.

2.    Kompetensi Dasar
4.2    Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.

3.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I     :    Menulis petunjuk cara membuat sesuatu alat sederhana.
Pertemuan II    :    Menjelaskan petunjuk cara membuat suatu alat sederhana.
Pertemuan III    :    Siswa membuat sesuatu sesuai dengan petunjuk.

4.    Materi Pembelajaran
Penjelasan tentang cara membuat sesuatu.

5.    Metode dan Model Pembelajaran
Metode     :    Ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, demonstrasi.
Model Pembelajaran     :    Kontektual (CTL), Cooperatif Learning.

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Menulis petunjuk cara membuat suatu alat sederhana (2x35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.






2.






















3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
-    Menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran.
-    Menyampaikan tujuan dan ruang lingkup pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Guru memberikan gambaran atau penjelasan tentang petunjuk cara membuat suatu alat sederhana, misalnya membuat kliping.
-    Siswa berimajinasi menemukan gagasan tentang petunjuk cara membuat kliping.
-    Tanya jawab tentang cara membuat kliping.

b.    Elaborasi
-    Dengan imajinasinya siswa menuliskan segala gagasannya tentang cara membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas.
-    Bersama kelompoknya siswa menghasilkan tulisannya cara membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas.
c.    Konfirmasi
-    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan terhadap keberhasilan anak.
-    Membantu menyelesaikan masalah.
-    Memberi motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
-    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil temuan dalam menulis cara membuat tempat pensil.
-    Guru memberi saran kepada peserta didik dalam menyusun tulisan cara membuat alat sederhana.
-    Melaksanakan penilaian secara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.    
10 menit






65 menit





















25 menit    
Ceramah






Tanya jawab, Tugas, Diskusi




















Tugas    
Pertemuan II
Menjelaskan petunjuk cara membuat suatu alat sederhana (2x35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.







2.



















3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
-    Melakukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Guru meminta siswa mewakili kelompoknya menjelaskan cara membuat alat (tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas), hasil tulisan pada pertemuan sebelumnya.
-    Guru meminta siswa lain mendengarkan temannya yang sedang memberikan penjelasan.

b.    Elaborasi
-    Siswa mewakili kelompoknya menjelaskan hasil tulisannya tentang cara membuat tempat pensil dasri kaleng atau botol plastik bekas secara bergilir.

c.    Konfirmasi
-    Guru memberikan tanggapan, penilaian terhadap tugas yang disampaikan siswa.
-    Membantu menyelesaikan masalah.
-    Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih. 

Kegiatan Penutup
-     Guru bersama siswa membuat simpulan atau rangkuman materi.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.   
10 menit






40 menit




















10 menit    
Ceramah






Tugas, Demonstrasi



















Tugas    
Pertemuan III
Siswa membuat sesuatu sesuai dengan petunjuk (3x35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.




2.




















3.
    Kegiatan Pendahuluan
-    Guru dengan peserta didik bertanya jawab tentang kesiapan tentang tugas pertemuan kali ini yaitu praktek membuat tempat pensil dari kaleng atua botol plastik bekas.

Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
-    Siswa diminta untuk menyiapkan kelengkapan untuk membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas.
-    Siswa diminta menyertakan langkah-langkah pembuatan tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas secara tertulis

b.    Elaborasi
-    Siswa mempraktekkan membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas secara individual.
-    Siswa membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas dengan bersungguh-sungguh untuk menghasilkan karya terbaiknya.

c.    Konfirmasi
-    Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan atau tulisan terhadap keberhasilan peserta didik.
-    Membantu menyelesaikan masalah.

Kegiatan Penutup
-    Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    
15 menit





65 menit



















25 menit    
Ceramah





Tugas, Demonstrasi


















Tugas    

7.    Sumber Belajar
a.    Buku panduan pendidik BAHASA INDONESIA untuk SD dan MI. Kelas VI. Intan Pariwara, Halaman 53-57.
b.    Buku relevan.
c.    Sarana media : Koran, kaleng bekas, pita, kertas kado, botol plastik bekas dan sebagainya.
d.    Sumber Bahan : Lingkungan.


8.    Penilaian
Pertemuan I

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
·    Menulis petunjuk cara membuat suatu alat     Tertulis     Uraian     Tuliskan langkah-langkah cara membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas !   


Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian        
1.
2.    Ketepatan penulisan alat dan bahan
Ketepatan penulisan langkah-langkah pembuatan alat    4
6      
    Jumlah Skor Penilaian     10   
   
Pertemuan II

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
Menjelaskan petunjuk cara membuat suatu alat sederhana     Lisan     Uraian     Coba jelaskan cara membuat tempat pensil dari kaleng atau botol plastik bekas hasil diskusimu !   

Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian       
1.

2.
3.    Keberanian siswa menyampaikan penjelasan laporan diskusi.
Gaya penyampaian
Ketepatan penggunaan intonasi kata-kata    3

3
4      
    Jumlah Skor Penilaian     10   

Pertemuan III

Indikator     Bentuk Penilaian    Bentuk Instrumen    Instrumen      
Siswa membuat sesuai dengan petunjuk     Perbuatan     Uraian     a.    Buatlah tempat pulpen dari kaleng atau botol plastik bekas yang sudah kalian siapkan !
b.    Sertakan langkah-langkah pembuatannya yang sudah kalian buat !   

Kunci Jawaban

No     Jawaban     Skor Penilaian       
1.
2.
3.    Kerapian
Kebersihan / keindahan
Keserasian     3
3
4      
    Jumlah Skor Penilaian     10   
   
   
        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 10

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :    IV / I
Waktu    :    4 x 35 menit (2 x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
    4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat.

2.    Kompetensi Dasar
    4.3.    Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata / kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.

3.    Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan I    Melengkapi bagian awal, tengah atau akhir cerita yang hilang sehingga cerita menjadi utuh dengan menggunakan kata / kalimat yang tepat.
    Pertemuan II    Membaca cerita yang sudah lengkap dengan intonasi yang tepat.

4.    Materi Pembelajaran
    Cerita Narasi.

5.    Metode dan Model Pembelajaran
    -    Metode    :    Ceramah, tugas, tanya jawab, diskusi, demonstrasi
    -    Model Pembelajaran    :    Kontekstual (CTL), pembelajaran langsung (DL)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
    Pertemuan I
    Melengkapi bagian awal, tengah atau akhir cerita yang hilang sehingga menjadi utuh dengan menggunakan kata / kalimat yang tepat (2 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
-    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.    10 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Guru melibatkan siswa untuk mencari teks cerita rumpang (cerita yang hilang)
    -    Peserta didik membaca cerita rumpang yang mereka temukan
    -    Penjelasan guru tentang kelanjutan cerita tersebut.
    -    Tanya jawab tentang kelanjutan cerita tersebut.
b.    Elaborasi
    -    Bersama kelompoknya, siswa berdiskusi untuk melengkapi cerita yang hilang (rumpang), di awal, tengah atau akhir cerita dengan menggunakan kata atau kalimat.    35 menit    Ceramah, tanya jawab, diskusi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      













3.        -    Siswa menyatukan paragraf yang sudah tersusun padu ke dalam penggalan cerita sebelumnya, agar menjadi satu kesatuan cerita yang utuh.

c.    Konfirmasi
    -    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tulisan
    -    Memberi kesempatan kepada siswa yang belum jelas untuk bertanya
    -    Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi

Kegiatan Penutup
-    Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran.
-    Membimbing siswa yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran.
-    Melaksanakan penilaian acara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Tugas   

Pertemuan II
Membaca cerita yang sudah lengkap dengan intonasi yang tepat (2 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
-    Menyampaikan pertanyaan-pertanyaan materi pembelajaran sebelumnya.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai    10 menit    Ceramah, tanya jawab      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa membaca kembali dalam hati cerita utuh yang telah disusun pada pertemuan sebelumnya.
    -    Siswa diberi kesempatan membacakan cerita utuh yang disusunnya dari cerita rumpang yang telah dilengkapi pada pertemuan sebelumnya di depan kelas.
b.    Elaborasi
    -    Secara bergantian, mewakili kelompoknya siswa maju ke depan kelas membacakan cerita utuh dengan intonasi yang tepat.
    -    Siswa berkompetesi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dalam membaca.
c.    Konfirmasi
    -    Memberikan penguatan dalam bentuk lisan tentang cara membaca dengan intonasi yang tepat.
    -    Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.    40 menit    Ceramah, tanya jawab, demonstrasi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
3.    Kegiatan Penutup
-    Siswa menyimpulkan tentang topik dan tema yang dibicarakan.
-    Membimbing siswa yang belum lancar membaca dengan intonasi yang tepat.
-    Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang dilakukan.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.    20 menit    Tugas   


7.    Sumber Belajar
    1.    Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas IV, halaman 36-39. Penerbit Intan Pariwara.
    2.    Buku Bahasa Indonesia Bahasaku, Kelas A, untuk Sekolah Dasar / MI, halaman 62.             PT. Widya Duta Grafika.
    3.    Teks cerita yang relevan
    4.    Sumber Bahan Lingkungan

8.    Penilaian
    Pertemuan I

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Melengkapi bagian awal, tengah atau akhir cerita yang hilang sehingga cerita menjadi utuh dengan menggunakan kata atau kalimat    Tertulis    Jawaban singkat    Pahami cerita berikut. Lengkapi cerita dengan kata yang telah disediakan !
Wina memiliki (1) … yang cukup unik. Gurunya juga mengatakan ia siswa yang (2) …. Ini dikarenan Wina suka membuat (3) … macam benda. Benda yang dibuat merupakan benda-benda yang (4) …. Misalnya mobil-mobilan dan layang-layang. Bahan yang digunakan pun sederhana dan harganya tidak mahal. Wina sangat (5) … dalam mengasuh keterampilannya itu.

beraneka    sederhana    kreatif
hobi    tekun   


Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    hobi
kreatif
beraneka
sederhana
tekun    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   



Pertemuan II

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Membaca cerita yang sudah lengkap dengan intonasi yang tepat !    Lisan    Uraian    Bacalah cerita yang sudah kamu lengkapi dan kamu susun (seperti pada halaman 62, Buku Bahasa Indonesia Bahasaku, Kelas 4, PT. Widya Duta Grafika) dengan intonasi yang tepat !   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.    Keberanian membacakan cerita
Gaya penceritaan
Lafal dan intonasi dalam membaca    1 – 3
1 – 3
1 – 4      
    Jumlah Skor Penilaian    10   


        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 11

Sekolah     :    SD
Mata Pelajaran    :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :    IV / I
Waktu    :    8 x 35 menit (3 x Pertemuan)


1.    Standar Kompetensi
    4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat.

2.    Kompetensi Dasar
    4.4.    Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll).

3.    Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan I    Membaca contoh surat
    Pertemuan II    Menjelaskan bagian-bagian dari surat
    Pertemuan III    Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat.

4.    Materi Pembelajaran
    Penulis surat yang benar (kalimat pembuka isi, dan penutup surat, EYD).

5.    Metode dan Model Pembelajaran
    -    Metode    :    Ceramah, tugas, tanya jawab, diskusi, demonstrasi
    -    Model Pembelajaran    :    Kontekstual (CTL), pembelajaran langsung (LC)

6.    Langkah-langkah Pembelajaran
    Pertemuan I
    Membaca contoh surat (2 x 35 menit)

No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
-    Bertanya jawab tentang tugas membaca contoh surat.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai    10 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa menunjukkan contoh surat yang sudah ditugaskan guru sebelumnya.
    -    Bertanya jawab dengan siswa tentang surat yang dibawa siswa.
    -    Guru menunjukkan contoh surat dan teks surat yang ada pada buku.
b.    Elaborasi
    -    Siswa diberi kesempatan membaca surat yang dibawanya dengan seksama.
    -    Siswa diberi kesempatan membaca surat milik teman.
    -    Guru menjelaskan macam-macam surat.
    35 menit    Tanya jawab, tugas      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
        -    Guru membaca contoh surat pribadi dan surat resmi dengan seksama

c.    Konfirmasi
    -    Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan.
    -    Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
    -    Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif              
3.    Kegiatan Penutup
-    Bersama siswa membuat simpulan pelajaran.
-    Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara terprogram.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Tugas   

Pertemuan II
Menjelaskan bagian-bagian surat (3 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
-    Menyampaikan pertanyaan-pertanyaan materi pembelajaran sebelumnya.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai    15 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Siswa membaca contoh surat peribadi pada halaman 75, buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesiia, Kelas I Intan Pariwara.
    -    Siswa membaca contoh surat pribadi pada halaman 75 pada buku Bahasa Indonesia Bahasaku, Kelas 4 PT. Widya Duta Grafika.

b.    Elaborasi
    -    Siswa diminta menentukan bagian-bagian surat berdasarkan contoh surat pribadi secara kelompok.
    -    Siswa berdiskusi menentukan bagian-bagian surat pribadi.
    -    Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
    -    Siswa mewakili kelompoknya menjelaskan hasil diskusi tentang bagian-bagian surat.

c.    Konfirmasi
    -    Memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tulisan terhadap keberhasilan peserta didik.
    -    Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
    -    Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.    65 menit    Tanya jawab, tugas, diskusi      
No    Kegiatan    Waktu    Metode      
3.    Kegiatan Penutup
-    Bersama siswa membuat simpulan pelajaran.
-    Melaksanakan penilaian secara terprogram
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Tugas   

Pertemuan III
Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat (3 x 35 menit)


No    Kegiatan    Waktu    Metode      
1.    Pendahuluan
-    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran.
-    Melakukan tanya jawab tentang bagian-bagian surat.
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang akan dicapai    15 menit    Ceramah      
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
    -    Guru menuliskan contoh surat pribadi dipapan tulis.
    -    Siswa membacakan kata atau kalimat pada bagian surat yang ditunjuk guru.
    -    Guru menjelaskan pemilihan kata dan penggunaan gaya yang menarik serta penggunaan ejaan yang benar dalam menulis surat.
b.    Elaborasi
    -    Memberi kesempatan siswa menulis / membuat surat pribadi dari pengalaman yang siswa alami dengan memperhatikan penggunaan kata atau kalimat dan ejaan.
c.    Konfirmasi
    -    Memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau tulisan terhadap keberhasilan peserta didik.
    -    Membantu siswa yang mengalami kesulitan.    65 menit    Tanya jawab, tugas      
3.    Kegiatan Penutup
-    Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-    Memberi saran siswa agar dalam membuat surat memperhatikan pemilihan kata / kalimat dan penggunaan EYD surat yang dibuat benar dan menarik.
-    Melaksanakan penilaian.
-    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.    25 menit    Tugas   

7.    Sumber Belajar
    1.    Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas IV, halaman 73-77. Penerbit Intan Pariwara.
    2.    Buku Bahasa Indonesia Bahasaku, Kelas A, untuk Sekolah Dasar / MI, halaman 75.             PT. Widya Duta Grafika.
    3.    Teks cerita yang relevan
    4.    Sumber Bahan Lingkungan
8.    Penilaian
    Pertemuan I

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Membaca contoh surat    Tertulis    Jawaban singkat    Lengkapilah titik-titik di bawah ini, sehingga menjadi pernyataan kalimat yang benar !
1.    Surat yang ditujukan kepada seorang teman atau saudara disebut surat ….
2.    Agar surat tidak terbaca orang dan terlihat sopan, maka sebaiknya surat dimasukkan ke dalam ….
3.    Untuk mengirim surat kepada saudara yang jauh, kita dapat menggunakan jasa ….
4.    Untuk mengirim surat, jangan lupa kita menempelkan …. sebagai  biaya pengiriman surat.
5.    Agar surat sampai ke tujuan, maka kita harus menuliskan …. dengan  jelas.   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    pribadi
amplop / sampul
pos
perangko
alamat yang dituju    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Maksimal    10   


Pertemuan II

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Menjelaskan bagian-bagian surat    Tertulis    Jawaban singkat    Pemalang, ………. (A)

Untuk Salsa
di Medan (B)

Salam rindu, (C)
Salsa bagaimana kabarmu ? ………
……………………………………..(D)
Untuk menghadapi tes semester satu yang sebentar lagi dilaksanakan, kita harus meningkatkan belajar …… (E)
……………………………………..
…………………………………………
…………………………………………
Saya kita cukup demikian dulu. Mudah-mudah nilai yang kita peroleh nanti membanggakan ayah ibu …… (F)

Salam (G)
Anita (H)      
Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
            Lengkapilah pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1.    Bagian surat yang ditunjukkan huruf A adalah ….
2.    Salam pembuka pada surat di atas ditujukkan huruf ….
3.    Nama temanmu yang dituju pada surat di atas adalah ….
4.    Bagian surat yang ditunjukkan huruf E adalah ….
5.    Saya kira cukup demikian dulu, kalimat tersebut merupakan kalimat bagian surat ….   

Kunci Jawaban

No    Jawaban    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.
5.    tempat dan tanggal pembuatan surat
(B)
Salsa
Isi surat
Penutup surat    2
2
2
2
2      
    Jumlah Skor Penilaian    10   

Pertemuan III

Indikator Penilaian    Teknik
Penilaian    Bentuk
Instrumen    Instrumen      
Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya pencitraan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat    Tertulis    Uraian    Buatlah sebuah surat yang ditujukan kepada temanmu, tentang cita-citamu !
Gunakan kata / kaliamt yang menarik dan ejaan yang tepat !
Tulislah surat yang kamu buat dibuat tulismu !   


Kunci Jawaban

No    Jawaban / Kriteria yang dinilai    Skor Penilaian      
1.
2.
3.
4.    Ketepatan memilih kosa kata
Ketepatan menentukan kalimat pembuat, isi dan penutup surat
Penggunaan ejaan dan tanda baca
Pesan yang disampaikan.    10 – 25
10 – 25
10 – 25
10 – 25       
    Jumlah Skor Penilaian    10   



        Pemalang, ………………. 2010
    Mengetahui,
    Kepala SD…………………………    Guru Kelas IV




    ________________________    _______________________
    NIP………………………….    NIP…………………………

0 komentar:

iklan