Rabu, 22 Desember 2010

rpp Bahasa Indonesia Kelas V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 1

Sekolah        : I
Kelas / Semester    : V / 1
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan    :  8 X 35 Menit ( 4 x Pertemuan )

1.     STANDAR KOMPETENSI
1.     Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.

2.     KOMPETENSI DASAR
    1.1     Menanggapi penjelasan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

3.     TUJUAN PEMBELAJARAN
    -    Siswa menanggapi isi penjelasan.
Siswa menyimpulkan isi penjelasan nara sumber

4.     MATERI AJAR
Pertemuan I
Pertanyaan     : Pewawancara: Di mana tempat belajar anak-anak Suku Anak Dalam?.
Keterangan Narasumber    : Kak Butet    : Anak-anak Suku Anak Dalam belajar di bawah pohon yang rindang beralaskan rumput dan tanah. Mereka sangat senang belajar berhitung dan membaca. Waktu belajarnya pada pagi dan siang hari. Di sana tidak ada kelas, bangku, dan kursi
Tanggapan    : Pewawancara: O, jadi Anak-anak Suku Anak Dalam belajar di kelas terbuka. Mereka belajar di tengah alam yang masih alami ya, Kak!

Contoh kalimat tanggapan:
a.     Setiap orang mempunyai kewajiban melestarikan hutan. Sekarang, kakak mulai menanam pohon supaya anak cucu kakak kelak menikmatinya. Menurut kakak, hutan merupakan harta kakak dan anak cucu kakak.
b.     Kakak merawat hewan-hewan dari hasil perburuan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, supaya hewan-hewan itu tidak punah. Bagi para pelanggar hukum, melanggar terhadap perlindungan hewan juga harus ditindak tegas. Aparat harus memiliki sikap tegas dan tidak pandang bulu.

Contoh kalimat harapan:
a.     Semoga dengan penanaman hutan kembali, banjir tidak terjadi lagi.
b.    Mudah-mudahan kebakaran hutan dapat segera diatasi.

Pertemuan II
Teks wawancara dengan judul “Indonesia paru-paru Dunia” (Buku Bahasa Indonesia 5: untuk SD/MI Kelas V lampiran 1).
Contoh kalimat tanggapan:
a.     Kita menjaga kelestarian hutan Indonesia agar dunia tidak mengalami perubahan iklim global.
b.     Hutan Indonesia adalah bagian dari paru-paru dunia, oleh karena itu kita wajib menjaga kelestariannya.

    Pertemuan III
    Teks wawancara dengan judul “Kak Butet Manurung Guru di Tengah Hutan” (Buku Bahasa Indonesia 5: untuk SD/MI Kelas V halaman 6).
    Isi wawancara :
    Wawancara dilakukan oleh Andi. Andi menanyakan alasan mengapa Kak Butet Manurung mau mengajar Suku Kubu dan Suku Anak Dalam di tengah hutan di Jambi.   
   
Pertemuan IV
Saat melakukan wawancara, kamu memerlukan seorang narasumber untuk memberikan informasi yang kamu butuhkan. Dari informasi yang dikemukakan narasumber, kamu akan mendapatkan beberapa gagasan pokok dari materi yang kamu bicarakan dengan narasumber. Gagasan pokok adalah intisari dari informasi yang diberikan narasumber. Untuk mendapatkan gagasan pokok dari wawancara yang kamu lakukan, buatlah terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini.
a. Apa? Digunakan untuk menanyakan nama kegiatan.
b. Siapa? Digunakan untuk menanyakan nama.
c. Di mana? Digunakan untuk menanyakan tempat.
d. Bagaimana? Digunakan untuk menanyakan cara.
e. Berapa? Digunakan untuk menanyakan jumlah.
f. Mengapa? Digunakan untuk menanyakan sebab.
g. Kapan? Digunakan untuk menanyakan waktu.

5.     METODE PEMBELAJARAN
Contoh teks wawancara
Tanya jawab
Latihan
Penugasan

6.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
3. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang menanggapi isi penjelasan.
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Melibatkan peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberikan kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan, tertulis dan isyarat.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi pembelajaran.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.

Pertemuan II
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Berikan contoh kalimat tanggapan!
Berikan contoh kalimat harapan!
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang menanggapi isi penjelasan.
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Guru melibatkan peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan, tertulis dan isyarat.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi ajar.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.

Pertemuan III
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Berikan contoh kalimat tanggapan!
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang menyimpulkan isi penjelasan nara sumber.
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Guru melibatkan peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan, tertulis dan isyarat.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi ajar.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.

Pertemuan IV
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Apa isi wawancara antara andi dengan Kak Butet Manurung?
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi ajar.
b. Kegiatan inti (35 menit)
1. Eksplorasi
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang menyimpulkan isi penjelasan nara sumber.
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran.
Guru melibatkan peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2. Elaborasi
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis melalui tugas bermakna.
Memberi kesempatan peserta didik untuk berfikir menyelesaikan tugas dan bertindak tanpa rasa takut.
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
3. Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan, tertulis dan isyarat.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan penutup (20 menit)
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman hasil materi ajar.
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran remidi ataupun program pengayaan.

7.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Siswa dapat menanggapi isi penjelasan.
Siswa dapat menyimpulkan isi penjelasan nara sumber.

8.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
Instrumen
Bentuk tes: lisan dan tertulis

Pertemuan I
Berdasarkan teks wawancara yang berjudul ”Indonesia Paru-paru Dunia” (Buku Bahasa Indonesia 5: untuk SD/MI kelas V, lampiran 1).
1. Buatlah contoh kalimat tanggapan!
2. Buatlah contoh kalimat harapan!

Pertemuan II
Contoh teks wawancara dari koran atau majalah. Buatlah contoh kalimat tanggapan terhadap wawancara tersebut!

Pertemuan III
Berdasarkan teks wawancara yang berjudul ”Kak Butet Manurung Guru di Tengah Hutan” (Buku Bahasa Indonesia 5: untuk SD/MI kelas V, halaman 6)
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Siapa yang diwawancarai?
2. Siapa yang mewawancarai Kak Butet?
3. Pertanyaan apa yang pertama kali ditanyakan Andi?
4. Menurut Kak Butet pengalaman apa yang paling menyenangkan selama di hutan?
5. Apa isi wawancara antara Andi dengan Kak Butet?

Pertemuan IV
1.     Pertanyaan apa saja yang dipersiapkan untuk mendapatkan gagasan utama sebuah wawancara?

Kunci Jawaban
Pertemuan I
1.      Saya turut berkewajiban menjaga kelestarian hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia dengan tidak menebang pohon sembarangan.
2.     Semoga dengan kepedulian kita akan kelestarian hutan, tidak terjadi penggundulan hutan kembali.

Pertemuan II
Kebijakan guru.

Pertemuan III
1.     Kak Butet Manurung
2.     Andi
3.     Kenapa Kak Butet mau mengajar di tengah hutan?
4.     Berburu dengan anak-anak.
5.     Kak Butet Manurung menyukai anak-anak, alam, dan pendidikan sehingga ia mau mengajar di tengah hutan.

Pertemuan IV
1.     Apa, Siapa, Di mana, Bagaimana, Berapa, Mengapa, Kapan.

9.    SUMBER BELAJAR
-     Contoh teks wawancara
-    Istilah bidang jurnalistik
-    Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia 5: untuk SD/MI Kelas V. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

               
    Pemalang,                      2010
   
    Mengetahui,    Guru Kelas V
    Kepala Sekolah   


    ( ................................ )    ( ................................ )

0 komentar:

iklan