Rabu, 22 Desember 2010

rpp PKn kelas V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 1
Sekolah     : ..................................................
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    : V / 1
Alokasi Waktu     : 4  x  35 menit ( 2 kali pertemuan )

   I. Standar Kompetensi
      1. Memehami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
 II.    Kompetensi Dasar
    1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
III.    Indikator
    1.1.1 Mengidentifikasikan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
IV.    Tujuan Pembelajaran
    Setelah pembelajaran diharapkan siswa , dapat :
1.Menjelaskan pengertian negara kesatuan
2.Menunjukkan batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui peta
3.Menjelaskan pengertian negara maritim , negara kepulauan dan negara agraris bagi Indonesia
4.Menyebutkan dasar hukum  bentuk negara Indonesia menurut UUD 1945
V.    Materi Ajar
    Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
    - Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 1 , berbunyi : Negara Indonesia ialah negara Kesatuan
         yang berbentuk Republik .
    - Negara Kesatuan adalah negara yang wilayahnya terdiri dari berbagai wilayah yang ter-
         pisah-pisah yang menjadi satu kesatuan negara.
    - Wilayah negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke
    - Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari beribu-ribu
       pulau ada pulau yang besar dan ada pulau yang kecil ,dan juga disebut sebagai negara
         maritim karena wilayah perairan / lautnya lebih luas dibandingkan luas daratannya.
VI.    Metode Pembelajaran
1.Ceramah
2.Tanya jawab
3.Tugas
4.Diskusi
VII. Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan I
    A. Pendahuluan ( 10 menit )
    1. Guru dan siswa melakukan doa bersama
    2. Presensi kehadiran siswa
    3. Guru menyiapkan alat dan media pembelajaran
    B. Kegiatan Inti ( 45 menit )
    1. Guru menjelaskan pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia beserta letaknya
          secara geografis maupun secara astronomis pada  sebuah peta.
    2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menunjukkan batas-batas wilayah negara kesa-
          tuan Republik Indonesia dengan melalui peta Indonesia
    3. Siswa menyebutkan batas wilayah negara kesatuan Republik Indonesia melaui pengama
        tan peta Indonesia.
    4. Siswa mencari letak negara Indonesia dengan melalui membaca buku , atlas maupun
          Globe.
    5. Siswa menayakan materi pokok tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang
          belum dipahami .
    6. Tanya jawab antara guru dan siswa
    C. Penutup ( 15 menit )
    1. Dengan bimbingan guru, siswa meringkas dan menyimpulkan materi pelajaran
    2. Siswa mencatat tugas PR
    Pertemuan II
    A. Pendahuluan ( 10 menit )   
    1. Guru dan siswa melaksanakan doa bersama
    2. Presentasi kehadiran siswa oleh guru
    3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu, antara lain :
        a. Apa yang dimaksud negara Indonesia disebut sebagai negara maritime ?
        b. Sebutkan 5 nama pulau besar yang ada di Indonesia !
    B. Kegiatan Inti ( 45 menit )
    1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
    2. Siswa menerima lembar kerja untuk didiskusikan bersama kelompoknya
    3. Siswa mendiskusikan lembar kerja bersama kelompoknya.
    4. Siswa membacakan hasil diskusi kelompok
    5. Siswa yang lain menanggapi hasil diskusi kelompok lain
    6. Guru dan siswa membahas lembar kerja berkenaan hasil diskusi kelompok
    7. Guru mengumumkan nilai tertinggi dari hasil diskusi kelompok
    C. Penutup ( 15 menit )
    - Guru dan siswa menyimpulkan materi pokok / materi pelajaran
VIII.Alat dan Sumber Belajar
    A. Alat Pelajaran
        - Peta Indonesia
        - Globe
        - Atlas
    B. Sumber Belajar
         1. Buku PKn BSE kelas V halaman 1 -  8
         2. Buku Pkn Erlangga kelas V halaman 1 -  4
         3. LKS Pkn yang sesuai
IX.    Penilaian
    1. Bentuk tes       :  Tertulis
    2. Bentuk Soal :  Isian
    Soal
    Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk ….
2.Wilayah Indonesia memanjang dari Sabang sampai ….
3.Bentuk negara Indonesia dinyatakan dalam UUD 1945 pasal … ayat ….
4.Wilayah Indonesia sebagian besar perairan / laut lebih luas dibanding luas daratannya maka Indonesia disebut sebagai negara ….
5.Negara Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau , maka Indonesia disebut juga sebagai negara ….
    Kunci Jawaban
1.Republik
2.Merauke
3.Pasal 1 ayat 1
4.Maritim
5.Kepulauan



    Catatan / Saran  : ………………………………………………………………………........
                                 ……………………………………………………………………………
                                 ……………………………………………………………………………

                       Mengetahui                                                           Pemalang, ……………… ……
                      Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas V


                   __________________                                          ___________________
                   NIP.                                                                      NIP.

0 komentar:

iklan